ANALISIS METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 3 DI SDN 1 MOYOKETEN KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

TITIN ANJAR RAHMAWATI

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, kendala serta cara mengatasi kendala dari metode drill dalam pembelajaran matematika di kelas 3 SDN 1 Moyoketen. Pembelajaran matematika menggunakan metode drill di kelas 3, dilakukan oleh guru kelas.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perencanaan metode drill ini, guru menggunakan  metode drill dalam pembelajaran  matematika agar siswa dapat menghafal rumus serta materi dengan cepat, dengan adanya metode juga dapat membantu  agar pembelajaran dapat  tercapai dengan maksimal, (2) Pada  pelaksanaan  metode drill, khususnya pada materi besar dan jenis sudut, seperti hasil angket tiap indikator dari 39 responden dalam  pelaksanaannya sudah baik dengan prsentase berikut : 87,95%, 91,03%, 81,12%, 83,08%, 87,18%, 86,41%, dan 90%.(3) Kendala dengan metode drill pada pembelajaran matematika kelas 3 siswa merasa jenuh dan bosan apabila diberikan latihan-latihan secara berulang-ulang.(4) Cara mengatasi guru yaitu menciptakan suasana yang menyenangkan agar siswa tetap semangat dalam menerima latihan.

Article Metrics :

References


Amir, A., & Si, M. (2014). Pembelajaran Matematika Sd Dengan Menggunakan Media Manipulatif Oleh: Almira Amir, M.Si 1, VI, 72–89.

Emzir.(2010).Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

F. Kustanto.(2015).Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Participatory Learning Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar,2 (2), 63-76.

Hamzah, Ali & Muhlisrarini.(2014).Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Knight,R,George.(2007).Filsafat Pendidikan.Yogyakarta:Gama Media.

N.K Roestiyah.(2008).Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:Penerbit PT Rineka Cipta.

Satori,Djama’an & Komariah Aan.(2010).Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: CV Alfabeta.

Satori,Djama’an & Komariah Aan.(2010).Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D ).Bandung: CV Alfabeta.

Sukmadinata,Nana Saubi.(2011).Metode Penelitian Pendidikan.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Tama, B. J. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Team Assisted Individualization Dan Metode Drill, 1(3), 322–332