PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TAMBAKASRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SHONHAJI SHONHAJI

Sari


Berdasarkan pengamatan yang cukup lama, peneliti sebagai guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 2 Tambakasri Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang menilai bahwa sebagian besar siswa-siswi mengalami kesulitan dalam mempelajari materi Adzan dan Iqamah, hal ini mungkin dikarenakan selama ini peneliti hanya memakai cara konvensional dalam memberikan materi tersebut. Mempertimbangkan kondisi tersebut, maka peneliti berniat untuk melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menerapkan suatu metode pembelajaran. pada kesempatan ini peneliti bermaksud untuk menerapkan metode Demonstrasi sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas V Semester I SD Negeri 2 Tambakasri Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari hasil pengamatan dan pengumpulan data, dapat diketahui bahwa prestasi belajar siswa Kelas V Semester I SD Negeri 2 Tambakasri  mengalami peningkatan, hal ini diindikasikan oleh penilaian peneliti terhadap rasa senang dalam melakukan pembelajaran, tingkat pemahaman, serta kerjasama tim dalam mengerjakan tugas kelompok. Jika semula rata-rata hasil penilaian pada Siklus I sebesar 63,9, maka pada pelaksanaan Siklus II meraih rata-rata hasil penilaian sebesar 78,8. Melalui penerapan metode Demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa Kelas V Semester I SD Negeri 2 Tambakasri, maka dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terutama yang berhubungan dengan prestasi belajar siswa terhadap materi pokok Mengumandangkan Adzan dan Iqamah. Hal ini sebagaimana ditunjukkan pada nilai evaluasi siswa. Jika pada Siklus I jumlah nilai formatif yang dicapai masih sebesar 770 dengan prosentase ketuntasan belajar 14,29%, maka pada Siklus II sudah jauh mengalami peningkatan hingga mencapai nilai formatif sebesar 1120 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 92,86%

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja

Amirin, Tatang M. 2000. Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arends, R.I. 1997. Classroom Instructional and Management. New York: McGraw-Hill Comapny Inc.

Arikunto, Suharsini. 1998. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta

Basuki Wibowo. 2004. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Depdiknas Dirjen Dikdasmen Tenaga Kependidikan. Jakarta

Carin A.A. 1993. Guided Discovery Activities for Elementary Schools Science 3rd. Editio,n New York: Macmillan Publishing Company

Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung

Entang, M. 1981. Diagnostik Kesulitan Belajar dan Pengajaran. Penlok Tahap II. P3G. Jakarta: Depdikbud

Hamalik, Oemar. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara

IKIP Malang. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artilel, Makalah, Laporan, Penelitian. Malang. IKIP Malang.

Miles, M. B. & Hubermen, A. M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia, Jakarta

Sulistyo H, Gunadi. 2000. Sekilas Tentang Metode Penelitian. Disampaikan pada Pelatihan Penulisan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Surakhmad; Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik Bandung, Tarsito

Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Article Metrics :

Sari view : 153 times
PDF View : 63 times