PEMANFAATAN QUESTION BOARD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN (PAK) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 5 SITIARJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PAMRAYOGININGSIH PAMRAYOGININGSIH

Abstract


Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa sejauh ini mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) kurang disukai oleh siswa karena dianggap sebagai mata pelajaran hafalan. Hal ini dapat dimengerti karena Pendidikan Agama Kristen (PAK) sarat dengan konsep, dari konsep yang sifatnya nyata sampai konsep yang sifatnya abstrak. Oleh karena itu diperlukan pemahaman yang benar terhadap konsep dasar yang membangun konsep tersebut. Mempertimbangkan kondisi tersebut, maka pada kesempatan ini penyusun bermaksud memanfaatkan media Question Board sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Kristen (PAK) pada siswa. Yang dimaksud dengan Question Board pada penelitian kali ini adalah berupa papan berisi kotak-kotak yang disusun berkeliling yang memiliki nilai tertentu. Pada dasarnya tata cara permainan Question Board ini tidak jauh berbeda dengan Papan Monopoli, hanya saja kotak yang berisi tulisan-tulisan di dalamnya dimodifikasi sedemikian rupa menyesuaikan dengan materi yang dipelajari. Dalam permainan Question Board ini dilengkapi dengan beberapa media pendukung, diantaranya yakni: satu buah dadu, beberapa pion (jumlahnya disesuaikan dengan jumah peserta), dan lembaran uang rupiah mainan bernilai Rp. 1.000,- s/d Rp. 100.000,- dan yang terpenting adalah kartu-kartu pertanyaan yang berisi berbagai macam pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang dipelajari. Berdasarkan hasil pengamatan yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa prestasi belajar siswa Kelas VI SD Negeri 5 Sitiarjo  mengalami peningkatan, hal ini diindikasikan oleh penilaian peneliti terhadap rasa senang dalam melakukan pembelajaran, tingkat pemahaman, serta kerjasama tim dalam bermain Question Board. Jika semula rata-rata hasil penilaian pada Siklus I sebesar 63,33, maka pada pelaksanaan Siklus II meraih rata-rata hasil penilaian sebesar 78,33. Dengan pemanfaatan Question Board pada mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) pada siswa Kelas VI SD Negeri 5 Sitiarjo, maka dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terutama yang berhubungan dengan pemahaman siswa terhadap materi pokok Ibadah yang Sejati. Hal ini sebagaimana ditunjukkan pada nilai evaluasi siswa. Jika pada Siklus I jumlah nilai formatif yang dicapai masih sebesar 1700 dengan persentase ketuntasan belajar 23,33%, maka pada Siklus II sudah jauh mengalami peningkatan hingga mencapai nilai formatif sebesar 2510 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 90,00%

Article Metrics :

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penilaian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.

Basuki Wibowo. 2004. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Depdiknas Dirjen Dikdasmen Tenaga Kependidikan. Jakarta.

Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.

Hamalik, O. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Karsimin, Akung, 2002. Keterampilan Dasar Mengajar (Modul Umum). Departemen Pendidkan Nasional, Direktoratt Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Dierktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama

Miles, M. B. & Hubermen, A. M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Universitas Indonesia, Jakarta

Nasution, 1984. Berbagai Pendidikan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bina Aksara

Popham, W. James dan Eva L. Baher, 1984. Bagaimana Mengajar Secara Sistematis. Yogyakarta: Kanisius

Sulistyo H, Gunadi. 2000. Sekilas Tentang Metode Penelitian. Disampaikan pada Pelatihan Penulisan Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Surakhmad; Winarno. 1990. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik Bandung, Tarsito

T. Ibrahim dan H. Darsono. 2009. Membangun Pendidikan Agama Kristen 1 untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Wina Senjaya. 2009. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group