UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PENYEBARAN FLORA DAN FAUNA DI WILAYAH INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR MINI SISWA KELAS V SDN PABEAN II SIDOARJO

ENDANG KUSMARIYATUN

Sari


Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar dapat dengan baik, maka sebaiknya setiap mengadakan kegiatan belajar mengajar menggunakan alat bantu dan alat peraga khususnya di sekolah dasar. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pendidik sangat berperan dalam mengembangkan kreatifitasnya untuk menciptakan alat epraga yang menarik minat belajar siswa. Para guru seharusnya memiliki kemampuan dan pengetahuan berbagai macam metode pengajaran, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah materi penyebaran flora dan fauna melalui gambar mini dimana populasinya sekaligus sebagai sampel yaitu siswa-siswi kelas V SDN Pabean II  Kecamatan Sedati  Kabupaten Sidoarjo . Langkah-langkah yang ditempuh dalam melaksanakan penelitian ini antara lain memberikan apersepsi dan menjelaskan tujuan pembelajaran, menerapkan media yaitu gambar tentang flora dan fauna, mengumpulkan data, menganalisa dari hasil penelitian dari media berbagai macam gambar mini flora dan fauna. Penggunaan media dalam pembelajaran dapat menciptakan suasana pembelajaran yang efektif dan hasil yang di peroleh mencapai 88% melebihi target yitu 70%. Dengan menggunakan gambar mini hewan dan tumbuhan pada peta dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi persebaran flora dan fauna di wilayah Indonesia siswa kelas V SDN Pabean II  Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo tahun pelajaran 2016/2017.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2006. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta.

Brigssn. 2007. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta : Universitas Terbuka.

Berlo.2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Reneka Cipta.

Dinn Wahyudin, D. Supriadi, Ishak Abdulhak. 2004 Pengantar Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka.

R. Ibrahim.2011. Proses Belajar. Jakarta : Universitas Terbuka.

Heinich robert, Michael Molenda and James D. Russel. 1982. Instructional Media and The New Technologies of Instructional. John Wiley & Son, New York.

Hera Lestari Mikarsa.2012.Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Tim Bina Karya Guru (2013). Pengetahuan Sosial untuk SD Kelas V. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Udin. S.W. 2014. Active Learning 101 cara belajar siswa aktif. Bandung : Nuaasa Nuasa Media.


Article Metrics :

Sari view : 86 times
PDF View : 60 times