ANALISIS LAGU ANAK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2 SDN 2 BANYUURIP KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG

DEIMITRA AYU WARDANI

Abstract


Latar belakang dalam penilitian ini adalah kurangnya minat belajar belajar siswa pada pembelajaran tematik di SDN 2 Banyuurip. rumusan masalah dalam penilitian ini adalah peran lagu anak terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas 2 SDN 2 Banyuurip dan lagu anak mempengaruhi belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas 2 SDN 2 Banyuurip. Melalui sebuah lagu atau musik anak-anak dapat berlatih bahasa ketika bernyanyi. Musik dengan nada dan lirik tertentu dapat membuat rileks, memotivasi juga dapat membuat anak beimajinasi ketika mendengarkannya. Lagu anak dalam pembelajaran tematik sangat membantu bahkan daya ingat anak lebih baik, dibandingkan daya ingat anak dengan cara konvensional. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan enografi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian bahwa sebelum pembelajaran bernyanyi terlebih dahulu. Dapat meningkatkan semangat siswa dalam pembelajaran tematik, dan memodifikasi lagu dapat menjadi konsep pembelajaran. Yang dapat memudahkan siswa untuk mengingat pembelajaran.

Article Metrics :

References


Anggraeni, Sri Wulan. 2016. Penggunaan Media Lagu Anak Dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Menulis Puisi. Jurnal Sekolah Dasar Vol. 1, No. 1. Di peroleh http://journal.ub.pkarawang.ac.id/index.php/PGSD/article/download/62/61

Fitriana, Anisyah dkk. 2018. Tematik Terpadu 2b. Jakarta: Graha Pustaka CV

Hidayah, Nurul. 2015. Pembelajaran Tematik Integratif Di Sekolah Dasar. Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 2 Nomor 1. Di peroleh http://download.portalgaruda.org/article.php?article=489396&val=9901&little=PEMBELAJARAN%20%TEMATIK%20INTEGRATIF%20DI%20SEKOLAH%20DASAR

Karsono. 2010. Lagu Anak-anak Tradisi Nusantara: Mutiara Kebijaksanaan yang Terlupa. Di peroleh http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/download/8153

Moleog, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Miranti, dkk. 2015. Penggunaan Media Lagu Anak-anak Dalam Mengembangkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris Siswa di PAUD. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol II. No. 2. Di peroleh http://journal.llppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/download/382/364

Nurhasanah, Siti, dkk. 2016. Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran Volume 1, nomor 1, Agustus 2016 halaman 135 – 142. Di peroleh http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/download/3264/2338

Priyadi, Nanang dkk. 2018. Cerdas Tangkas. Tulungagung: Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga

Rede, Amram. 2010. Pembelajaran Tematik Pemanasan Global Dan Kesadaran Diri Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 17, No. 3 (2010). http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticele=55547

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta CV

Suwardi Endraswara, Metodologi Penelitian Foklor, Yogyakarta : Medpress, 2009, Hal. 66

Tyasrinestu, Fortunata. 2014. Lirik Musikal pada Lagu Anak Berbahasa Indonesia. Vol. 15 No. 2, Desember 2014. Di peroleh http://journal.isi.ac.id/index.php/resital/article/download/850/166

Wijayanti, Dina Novita. 2016. Pembelajaran Efektif Bahasa Inggris Melalui Lagu Anak-anak Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI). Vol. 4 No. 1. Di peroleh http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/elementary/article/download/1931/pdf