PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS KOMIK PANDAWA UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI TOKOH CERITA SISWA KELAS II SDN PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

EKA YULIANA SARI


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i02.928

Abstract


Analisis kebutuhan yang diperlukan untuk siswa kelas II SDN Panggungrejo yakni perlu adanya media pembelajaran Bahasa Indonesia pada KD. 8.1 Menulis deskripsi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini mendeskripsikan: 1) kondisi dan potensi pengembangan media pembelajaran tematik berbasis komik, 2) prosedur pengembangan media pembelajaran tematik berbasis komik, 3) efektivitas media pembelajaran tematik berbasis komik, 4) efisiensi media pembelajaran tematik berbasis komik, 5) kemenarikan media pembelajaran tematik berbasis komik. Penelitian dilaksanakan di SDN Panggungrejo Kecamatan Tulungagung Kabupaten Tulungagung. Metode dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan mengacu pada Borg & Gall. Populasi yang digunakan dalam penelitian seluruh siswa kelas II SDN Panggungrejo Tulungagung. Subjek dalam penelitian adalah 35 siswa kelas II.  Data dikumpulkan melalui wawancara tidak terstruktur, tes, dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan uji-t. Kesimpulan penelitian adalah: 1) kondisi dan potensi awal sangat memungkinkan dan mendukung dilakukan pengembangan media pembelajaran tematik berbasis komik, 2) proses pengembangan media pembelajaran tematik berbasis komik melalui lima tahap yaitu, studi pendahuluan, desain pembelajaran, desain dan pengembangan media, ujicoba dan revisi produk, dan produk akhir, 3) spesifikasi komik pembelajaran, mudah digunakan, bersifat komplemen dan suplemen.  Berdasarkan rekapitulasi respon siswa terhadap media pembelajaran tematik berbasis komik paandawa  menunjukkan rata-rata 83,3%. Sesuai sajian analisis data pada bab III rata-rata 83,3% terdapat pada kaategori sangat tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa respon yang diberikan siswa setelah menggunakan media pembelajaran tematik berbasis komik pandawa dapat mendukung tingkat keefektifan yang sangat tinggi.

Article Metrics :

References


AECT. 1986. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Rohani. 1997. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryanti, Dewi Niken. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Scientific Approach Mata Pelajaran IPA Kelas VII SMP di Bandarlampung. Jurnal Teknologi Pendidikan Pascasarjana. Universitas Lampung. Bandarlampung.

Asep Jihad & Abdul Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Asyhar. Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Azhar, Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Anderson, Lorin W. Et al. 2001.A Taxonomy for Learning, Teaching and

Assessing, A Revison of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Logman. Inc.

Andini, Medina. 2008. Pengembangan Media Komik sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Saraf pada Manusia. Skripsi: Jurusan Biologi FMIPA UNESA. Surabaya.

Arief S. Sadiman. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Arends. L. Richard, 2008. Learning To Teach Seven Edition. Penterjemah Soetjipto dan Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asep Jihad & Abdul Haris. 2010. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Baharuddin, Wahyuni. E. N. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). 2006. Instrumen Penilaian Tahap I Bahan Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Bing Bedjo Tanudjaja. 2004. Punakawan sebagai Media Komunikasi Visual Nirmana Journals Puslit Petra. Universitas Kristen Petra

Borg, W.R., Gall, M.D, & Gall, J.P. 2003. Educational research. An introduction (7thed.). New York: Longman.

Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi 1. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Chee, T.S. & Wong, A.F.L. 2003. Teaching and learning with technology. Singapore: Prentice Hall.

Crozat, S., Hu, Oliver., & Trigano, P. 2001 . A method for evaluating multimedia learning software. Downloaded at 22/10/2012 from http://halshs.archives-ouvertes.fr/docs /icmcs99.pdf

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.