PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POSTER IPA BERBASIS KURIKULUM 2013 UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP

ALIK MUSTAFIDAL LAILI


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i02.927

Abstract


Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran poster yang dapat digunakan pada pembelajaran IPA dalam menunjang tercapainya tujuan penerapan kurikulum 2013 di SMP Tahfizd Karangrejo Tulungagung. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: (1) mendiskripsikan kelayakan media poster IPA materi pencemaran lingkungan yang dikembangkan berdasarkan kelayakan teoritis yaitu hasil validasi Dosen dan Guru IPA, dan berdasarkan kelayakan empiris yaitu respon siswa, (2) mendeskripsikan penguasaan konsep siswa setelah diterapkan media poster melalui uji coba terbatas. Rancangan penelitian ini menggunakan model 4-D (4-D models) yang terdiri dari 4 tahap yaitu: pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Namun penelitian ini dibatasi sampai pada tahap pengembangan(Develop). Metode  pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes kemudian dianalisis. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan  teoritis media poster IPA oleh dua dosen dan dua guru IPA bahwa media poster yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran karena persentase kelayakan yang diperoleh sebesar 88,32%. Berdasarkan respon siswa sebagai kelayakan empiris yang meliputi format materi media poster, tampilan media poster serta ketertarikan siswa dalam menggunakan poster adalah sebesar 92,7%. Penguasaan konsep juga mengalami peningkatan yaitu dengan rata-rata gain sebesar 0,65.

Article Metrics :

References


Anderson, L. W. & Krathwohl. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. Revition of Bloom’s Taxonomy of Education . NewYork: Longman

Arends, R. I. 2008. Learning to Teach (Belajar untuk Mengajar). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S. 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Arsyad, Azhar, 1997.Media Pembelajaran, Cet. 1, Jakarta : Raja Grafindo Persada

Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah (SMP/ MTs).Diakses onlinehttp://www.puskur.net.

Farliana I. 2009. Pemanfaatan ekosistem sungai setu sebagai sumber belajar pencemaran air dengan penerapan pendekatan jelajah alam sekitar melalui metode inkuiri di SMP Negeri 1 Pekalongan (Skripsi). Semarang: MIPA UNNES.

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah Suleiman. 1985. Media Audio-Visual untuk Pengajaran, Penerangan, dan Penyuluhan. Gramedia. Jakarta.

Hariyati, Rina., Iwan Junaedi, dan Budi Waluya. 2013. Pembelajaran Matematika Berdasarkan Strategioptimize Menggunakan Thinktalk Write untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), 2 (2), (Online), (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer), diakses 26 Desember 2017.

Ibrahim, Muslimin. 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Biologi Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Kemdikbud, (2013). Pengembangan Kurikulum 2013 dan Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Miftakhul Choer. 2014. Pengembangan Poster Berbasis Pendidikan Karakter Sebagai Media Pembelajaran Fisika untuk Siswa SMA/MA. Skripsi Pendidikan Fisika tidak dipublikasikan. Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian cetakan ke VII. Bandung : Alfabeta

Riris Eka Kristiawati dkk. 2014. Keterlaksanaan dan Respon Siswa Terhadap pembelajaran dengan Pembuatan Poster Untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains E-Peusa 02(02): 266-270

Sadiman, Arief, Dkk.2002, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatan, Cet. V, Jakarta: Raja Grafindo.

Sujana, Nana & Ahmad Rivai, 2009. Media Pengajaran, Cet.8, Bandung : Sinar Baru Algesindo

Thiagarajan, S., Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Source Book. Bloomington: Center for Innovation on Theaching the Handicapped.

Tiyanto, dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kumon Berbantuan Media Poster Bervisi SETS Terhadap Pencapaian Kompetensi. Chemistry in Education ISSN NO 2252-6609.