PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DALAM MELAKUKAN OPERASI HITUNG PECAHAN DALAM PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VI SD

MARTINAH MARTINAH


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i01.918

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui  salah satu faktor penyebab prestasi belajar siswa yang rendah,  Melihat sejauh mana  pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Students Teams-AChievement Divisions  (STAD) dapat  meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran matematika pada pokok bahasan melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah pada siswa kelas VI di SDN 3 Tugu Mlarak Ponorogo, meningkatkan prestasi hasil belajar matematika. Kondisi siswa di SDN 3 Tugu Mlarak Ponorogo mempunyai kelas intelektual yang heterogen sehingga pencapaian prestasi belajar khususnya untuk mata pelajaran matematika masih rendah. Praktek pembelajaran di sekolah menunjukkan bahwa penerapan belajar kooperatif dapat melibatkan siswa secara aktif. Model pembelajaran kooperatif membantu siswa belajar setiap mata pelajaran mulai dari keterampilan dasar sampai pemecahan masalah yang kompleks ( Nur,M: 2005). Data yang diperoleh akan dianalisis dengan statistik deskriptif secara rata-rata yaitu dengan menginventarisasi dan memadukan seluruh informasi yang diperoleh dari tiap siklus. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya kenaikan nilai rata-rata setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis data dan hipotesis yang diajukan maka dapat disimpulkan bahwa : Ada peningkatan pemahaman dalam melakukan operasi hitung pecahan dalam pemecahan masalah dengan pendekatan pembelajaran type STAD siswa kelas VI SD Negeri 3 Tugu Mlarak Mlarak Ponorogo tahun pelajaran 2016/2017.

Article Metrics :

References


Abdul Majid, 2006, Perencanaan Pembelajaran, P.T. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Anonim. 2002. Kurikulum dan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Matematika Untuk Sekolah Dasar Pusat Kurikulum, Balibang, Depdiknas.

_______ 2002. Pendekatan Kontektual ( Contextual Teaching and Learning) (CTL). Jakarta: Depdiknas.

Prof. Dr. Rochiati Wiriaatmaja, 2006, Metode Penelitian Tindakan Kelas, P.T. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Dr. H. Syaiful Sagala, M.Pd., 2005, Konsep dan Makna Pembelajaran, C.V. Alfabeta, Bandung.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual Dan Penerapannya dalam KBK.