PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SDN KENDALBULUR II TULUNGAGUNG

FRITA DEVI ASRIYANTI


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v3i01.917

Abstract


Modul merupakan salah satu jenis bahan ajar cetak yang dapat digunakan untuk siswa sebagai bahan belajar mandiri. Modul terdapat dua bagian penting yakni: (a) modul untuk siswa, berisi kegiatan belajar yang dilakukan siswa; (b) modul untuk guru, berisi petunjuk guru, tes akhir modul, dan kunci jawaban tes akhir modul. Bahasa dalam modul harus memenuhi kriteria sebagai berikut: (a) gunakan bahasa percakapan, bersahabat, komunikatif; (b) buat bahasa lisan dalam bentuk tulisan; (c) gunakan sapaan akrab yang menyentuh secara pribadi; (d) pilih kalimat sederhana, pendek, tidak beranak cucu; (e) hindari istilah yang sangat asing dan terlalu teknis; (f) hindari kalimat pasif dan negatif ganda; (g) gunakan pertanyaan retorik; (h) sesekali bisa digunakan kalimat santai, humor, ngetrend; (i) gunakan bantuan ilustrasi untuk informasi yang abstrak; (j) berikan ungkapan pujian, dan memotivasi; (k) ciptakan kesan modul sebagai bahan belajar yang hidup. Pembelajaran bahasa Indonesia terdiri dari pembelajaran fonologi, ejaan dan morfologi bahasa Indonesia Sekolah Dasar dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi SD mata pelajaran bahasa Indonesia, bukan merupakan aspek tersendiri, tetapi merupakan bagian penunjang dari aspek-aspek bahasa Indonesia yang ada (mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis) serata aspek kebahasaan dan apresiasi bahasa dan sastra. Hal ini sejalan dengan rambu-rambu mata pelajaran bahasa Indonesia bahwa, pembelajaran bahasa SD yaitu belajar berkomunikasi baik lisan atau tulisan.

Article Metrics :

References


Akhadiah, Sabarti dkk. 1991. Bahasa Indonesia I. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, S. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Degeng, Nyoman Sudana. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Depdiknas Universitas Negeri Malang.

Dimyati & Moedjiono. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud RI.

Dimyati & Moedjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud RI.

Hamalik, Oemar. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta : Yuma Pustaka.

Kasbolah, Kasihani. 1998. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuntjojo. 2010. Model-model Pembelajaran. Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta : Bumi Aksara.

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa Panduan ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Santosa, Puji dkk. 2006. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Santosa, Puji dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Solchan. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suparno&Yunus, Muhammad. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wibawa, B. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional


slot gacor slot