PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI PERKALIAN CARA SUSUN DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS IV SDN POJOK 3 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

EKA YULIANA SARI


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v2i02.452

Abstract


Dalam membelajarkan matematika kepada siswa, guru hendaknya memilih berbagai variasi pendekatan, strategi, metode yang sesuai dengan situasi sehingga tujuan pembelajaran yang direncanakan akan tercapai. Harus diketahui bahwa baik atau tidaknya suatu pemilihan model pembelajaran akan tergantung tujuan pembelajarannya, kesesuaian dengan materi pembelajaran, tingkat perkembangan siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta mengoptimalkan sumber-sumber belajar yang ada. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa Kelas IV SDN Pojok 3 Campudarat Tulungagung pada bidang studi Matematika materi Perkalian cara susun dengan menggunakan metode metode demonstrasi?”. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran objektif tentang peningkatan prestasi belajar siswa Kelas IV SDN Pojok 3 Campudarat Tulungagung pada bidang studi Matematika materi Perkalian cara susun dengan menggunakan metode metode demonstrasi. Metode demonstrasi merupakan metode pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat. Lokasi penelitian tindakan ini adalah SDN Pojok 3 Campudarat Tulungagung. Penelitian dilakukan di Kelas IV SDN Pojok 3 Campudarat Tulungagung selama dua bulan sejak bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2016. Berdasarkan pada hasil penelitian ini, kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penerapan Metode Metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika materi Perkalian susun. Jika sebelum siklus prosentase ketuntasan belajar siswa hanya 42,11%, maka pada siklus I prosentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 68,42%. Dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 100%. Dengan tercapainya ketuntasan belajar siswa di atas KKM yang ditentukan oleh sekolah, maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini telah berhasil.

 

Kata Kunci : Perkalian Susun, Metode Demonstrasi, Matematika SD

Article Metrics :

References


Azwar, Syaifuddin. 2005. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2003. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Gatot, Muksetyo, dkk. 2007. Pembelajaran Mate-matika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hamzah. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Mujiono, Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. 2005. Kurukulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Prihandoko. 2006. Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika secara benar dan me-narik. Jakarta : Dediknas.

Purwanto,Ngalim. 2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Re-maja Rosdakarya

Purwanto. 1986. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbas is Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: ALFABETA.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Bina aksara.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning; Teori & Aplikasi Paikem. Jogjakarta: Pus-taka Pelajar.