Abstract
Pendidikan dasar sebagai pondasi untuk menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi memiliki peran vital dalam menentukan kualitas pendidikan. Pada jenjang pendidikan dasar, peran matematika sangat menentukan kesiapan siswa dalam menghadapi globalisasi IPTEK. Namun kenyataannya sebagian besar siswa Sekolah Dasar justru menganggap matematika merupakan pelajaran yang sulit dan harus dihindari. Kondisi ini diperparah dengan kurangnya variasi metode pembelajaran yang digunakan guru, sehingga berdampak pada prestasi belajar matematika yang cenderung menurun. Metode Jarimatika hadir sebagai salah satu solusi dari permasalahan di atas, dimana metode ini dapat mentransformasi rasa takut dan ketidakmampuan siswa dalam belajar matematika menjadi suatu ketertarikan dan kesenangan. Metode TonTalKOG merupakan pengembangan dari metode jarimatika modern yang berguna meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa Sekolah Dasar dalam menyetarakan satuanberat. Dalam penelitian ini metode TonTalKOG dikembangkan dengan multimedia Macromedia Flash, dengan harapan pemanfaatan media interaktif ini dapat meningkatkan motivasi dan antusiasme siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis efeketivitas metode TonTalKOG berbasis multimedia terhadap hasil belajar matematika siswa dengan melibatkan motivasi belajar matematika sebagai faktor concomitant. Metode statistika yang digunakan yaitu metode statistik deskriptif dan Analysis of Covariance (ANACOVA), dimana metode ini mengkombinasikan metode analisis variansi dan metode regresi. Hasil uji prasyarat menyebutkan bahwa uji normalitas dan uji homogenitas varians telah terpenuhi sehingga dapat dilanjutkan pada uji hipotesis. Hasil analisis statistik deskriptif menyebutkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah menggunakan metode TonTalKOG lebih besar daripada sebelumnya. Uji prasyarat hipotesis yaitu uji normalitas data dan uji homogenitas varians telah terpenuhi. Kesuksesan metode ANACOVA didemonstrasikan padakasus efektivitas penerapan metode TonTalKOG berbasis multimedia pada Sekolah Dasar di Kabupaten Trenggalek diunggulkan sebagai pilot project kontribusi lokal yang dapat diberikan untuk konsumsi pengambilan keputusan bagi Dinas Pendidikan, maupun pihak sekolah terkait untuk lebih termotivasi dalam pengembangan metode jarimatikamodern
References
Ahmadi, Abu, dkk. 2005. Strategi belajar menga-jar. Bandung: Pustaka Setia Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. PT Rineka
Cipta, Jakarta.
Prasetyo, Dwi Sunar, dkk. 2008. Pintar Jarimatika. Yogyakarta: Diva Press
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta.
Rahmawati, Dewi. 2007. Islam dan Kreatifitas Guru dalam Metode Pembelajaran.
Malang: Masjidal IIM
Sadiman, Arif. 2007. Media Pembelajaran Interaktif. Jakarta: Depdikbud Sadiman, Arif. 2009. Media Pendidikan. Jakarta: Depdikbud
Sardiman, A.M. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada.
Sholihin. 2013. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press Soedomo, A. Hadi. 2008. Pendidikan: Suatu pengantar. UNS Press,Surakarta
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2010. Belajar dan Pembelajaran Modul 3 Motivasi dalam Pembelajaran.
Jakarta Pusat: Universitas Terbuka
Zainal, Aqib. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Krama Widy