PENGEMBANGAN METODE PENCIPTAAN LAGU ANAK BERBASIS TEMA UNTUK GURU TAMAN KANAK-KANAK

ASRI KUSUMANING RATRI


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v2i01.441

Abstract


Kegiatan belajar mengajar pada anak usia dini sering dilakukan melalui media lagu anak untuk menyampaikan sebuah materi sesuai dengan tema pada kurikulum. Berdasarkan hal tersebut, maka banyak pula dibutuhkan lagu anak untuk memenuhi proses belajar. Kebutuhan akan lagu anak menuntut guru untuk mempunyai kumpulan lagu anak. Maka dari itu diperlukan kemampuan guru untuk menciptakan lagu anak supaya kebutuhan lagu anak terpenuhi. Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mendeskripsikan: (1) proses pengembangan merode penciptaan lagu anak berbasis tema unuk guru taman kanak-kanak; (2) kualitas pengembangan metode penciptaan lagu anak berbasis tema untuk guru taman kanak-kanak; (3) keefektifan metode penciptaan lagu anak berbasis tema untuk guru taman kanak-kanak.

Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan Research and Development Sugiyono (2010) dengan model Borg and Gall yang meliputi 10 langkah tahapan. Produk yang dihasilkan melalui 10 langkah berupa buku yang berjudul Menciptakan Lagu Anak dengan Mudah. Untuk menghasilkan produk menggunakan teori bentuk  musik oleh Prier (2016). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, validasi, angket dan hasil ujicoba pemakaian produk. Teknik analisis data berupa data deskriptif kualitatif dan penilaian data statistik berupa skor. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pengembangan metode penciptaam lagu anak berbasis tema untuk guru taman kanak-kanak dilakukan dengan cara 10 langkah; (2) kualitas metode penciptaan lagu anak berbasis tema untuk guru taman kanak-kanak ditentukan oleh nilai validasi yang menunjukkan nilai valid (93%), keterlaksanaan metode yang menunjukkan nilai baik (76%), dan respon guru yang menunjukkan kategori baik; (3) keefektifan metode penciptaan lagu anak berbasis tema untuk guru taman kanak-kanak ditinjau berdasarkan ketercapaian guru dalam menciptakan lagu anak sesuai metode menunjukkan nilai efektif, dari 13 guru sebagai subyek ujicoba pemakaian menghasilkan 13 lagu anak (100%). Bentuk lagu yang berhasil diciptakan oleh guru menunjukkan nilai baik (73%).

Article Metrics :

References


Aisyah, Siti dkk. 2011. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka

Ari. 2008. Musikalisasi Puisi. Yogyakarta: Hikayat Publishing

Bambang, Made. Ilmu Seni Teori dan Praktik. Ja-karta: Inti Prima

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius

Budidharma, Pra. 2001. Metode Vokal Profesional. Jakarta: Gramedia

Damajanti, Irma. 2006. Psikologi Seni. Bandung: PT Kiblat Buku Utama

Echlos, John dan Shadily, Hassan. 2000. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia

Hamdju, Atan, dkk. 1978. Pengetahuan Seni Musik. Jakarta: Mutiara

Isfanhari, Musafir dan Nugroho, Widyo.Tanpa tahun.Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas P dan K Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur

Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Penga-laman Musik. Jakarta: Departemen Pendidi-kan dan Kebudayaan Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan

Made Sukerta, Pande. 2011. Metode Penyusunan Karya Musik. Surakarta: ISI Press Solo

Mahmud, AT, dkk. 1974. Musik I. Bandumg: Masa Baru

Masitoh, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran TK. Ja-karta: Universitas Terbuka

Montello, Louise. 2004. Kecerdasan Musik. Batam: Lucky Publisher

Montolalu, BEF, dkk. 2009. Bermain dan Permai-nan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Nugraha, Ali. 2009. Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Parmono, Kartini. 2008. Horizon Estetika. Jogya-karta : Badan Penerbit Filsafat UGM

Pekerti, Widia dkk. 2007. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka

Prier, Edmund. 1975. Menjadi Dirigen II. Yogyakarta: P. D Nasional

Prier, Edmund. 2012. Ilmu Harmoni. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

Prier, Edmund. 2016. Ilmu Bentuk Musik. Yogya-karta: Pusat Musik Liturgi

Poetra, Adjie Esa. 2004. Revolusi Nasyid. Bandung: MQS Publishing

Purnomo, Wahyu dan Subagyo. 2010. Terampil Bermusik. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional

Rachmi, Tetty dkk. 2008. Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta: Universitas Terbuka

Riduwan dan Sunarto. Pengantar Statistika. Ban-dung. Bandung: Alfabeta

Rohendi, Tjetjep. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang. Cipta Prima Nusantara Semarang CV

Satori, Djam’an. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka

Santoso, Soegeng. 2008. Dasar-dasar Pendidikan TK. Jakarta: universitas Terbuka

Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Silberman, Mel Ph.D. 2016. Active Learning. Ban-dung: Nusa Media

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Syaiful, Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Uno, Hamzah dan Mohamad. 2011. Belajar den-gan Pendeketan PAILKEM. Jakarta: Bumi Ak-sara

Waseso, Iksan. 2009. Evaluasi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka

Widodo. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kompas Gra-media

Wijana, Widarmi D, dkk. 2012. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang: Universitas Terbuka

Zaman, Badru, dkk. 2009. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka


slot gacor slot