PENGEMBANGAN METODE PENCIPTAAN LAGU ANAK BERBASIS TEMA UNTUK GURU TAMAN KANAK-KANAK
Abstract
Kegiatan belajar mengajar pada anak usia dini sering dilakukan melalui media lagu anak untuk menyampaikan sebuah materi sesuai dengan tema pada kurikulum. Berdasarkan hal tersebut, maka banyak pula dibutuhkan lagu anak untuk memenuhi proses belajar. Kebutuhan akan lagu anak menuntut guru untuk mempunyai kumpulan lagu anak. Maka dari itu diperlukan kemampuan guru untuk menciptakan lagu anak supaya kebutuhan lagu anak terpenuhi. Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk mendeskripsikan: (1) proses pengembangan merode penciptaan lagu anak berbasis tema unuk guru taman kanak-kanak; (2) kualitas pengembangan metode penciptaan lagu anak berbasis tema untuk guru taman kanak-kanak; (3) keefektifan metode penciptaan lagu anak berbasis tema untuk guru taman kanak-kanak.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan Research and Development Sugiyono (2010) dengan model Borg and Gall yang meliputi 10 langkah tahapan. Produk yang dihasilkan melalui 10 langkah berupa buku yang berjudul Menciptakan Lagu Anak dengan Mudah. Untuk menghasilkan produk menggunakan teori bentuk musik oleh Prier (2016). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, validasi, angket dan hasil ujicoba pemakaian produk. Teknik analisis data berupa data deskriptif kualitatif dan penilaian data statistik berupa skor. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses pengembangan metode penciptaam lagu anak berbasis tema untuk guru taman kanak-kanak dilakukan dengan cara 10 langkah; (2) kualitas metode penciptaan lagu anak berbasis tema untuk guru taman kanak-kanak ditentukan oleh nilai validasi yang menunjukkan nilai valid (93%), keterlaksanaan metode yang menunjukkan nilai baik (76%), dan respon guru yang menunjukkan kategori baik; (3) keefektifan metode penciptaan lagu anak berbasis tema untuk guru taman kanak-kanak ditinjau berdasarkan ketercapaian guru dalam menciptakan lagu anak sesuai metode menunjukkan nilai efektif, dari 13 guru sebagai subyek ujicoba pemakaian menghasilkan 13 lagu anak (100%). Bentuk lagu yang berhasil diciptakan oleh guru menunjukkan nilai baik (73%).Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Aisyah, Siti dkk. 2011. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka
Ari. 2008. Musikalisasi Puisi. Yogyakarta: Hikayat Publishing
Bambang, Made. Ilmu Seni Teori dan Praktik. Ja-karta: Inti Prima
Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius
Budidharma, Pra. 2001. Metode Vokal Profesional. Jakarta: Gramedia
Damajanti, Irma. 2006. Psikologi Seni. Bandung: PT Kiblat Buku Utama
Echlos, John dan Shadily, Hassan. 2000. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia
Hamdju, Atan, dkk. 1978. Pengetahuan Seni Musik. Jakarta: Mutiara
Isfanhari, Musafir dan Nugroho, Widyo.Tanpa tahun.Pengetahuan Dasar Musik. Surabaya: Dinas P dan K Propinsi Daerah Tingkat I Jawa Timur
Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Penga-laman Musik. Jakarta: Departemen Pendidi-kan dan Kebudayaan Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan
Made Sukerta, Pande. 2011. Metode Penyusunan Karya Musik. Surakarta: ISI Press Solo
Mahmud, AT, dkk. 1974. Musik I. Bandumg: Masa Baru
Masitoh, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran TK. Ja-karta: Universitas Terbuka
Montello, Louise. 2004. Kecerdasan Musik. Batam: Lucky Publisher
Montolalu, BEF, dkk. 2009. Bermain dan Permai-nan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Nugraha, Ali. 2009. Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Parmono, Kartini. 2008. Horizon Estetika. Jogya-karta : Badan Penerbit Filsafat UGM
Pekerti, Widia dkk. 2007. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka
Prier, Edmund. 1975. Menjadi Dirigen II. Yogyakarta: P. D Nasional
Prier, Edmund. 2012. Ilmu Harmoni. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi
Prier, Edmund. 2016. Ilmu Bentuk Musik. Yogya-karta: Pusat Musik Liturgi
Poetra, Adjie Esa. 2004. Revolusi Nasyid. Bandung: MQS Publishing
Purnomo, Wahyu dan Subagyo. 2010. Terampil Bermusik. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
Rachmi, Tetty dkk. 2008. Keterampilan Musik dan Tari. Jakarta: Universitas Terbuka
Riduwan dan Sunarto. Pengantar Statistika. Ban-dung. Bandung: Alfabeta
Rohendi, Tjetjep. 2011. Metodologi Penelitian Seni. Semarang. Cipta Prima Nusantara Semarang CV
Satori, Djam’an. 2009. Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka
Santoso, Soegeng. 2008. Dasar-dasar Pendidikan TK. Jakarta: universitas Terbuka
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Silberman, Mel Ph.D. 2016. Active Learning. Ban-dung: Nusa Media
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta
Syaiful, Sagala. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Uno, Hamzah dan Mohamad. 2011. Belajar den-gan Pendeketan PAILKEM. Jakarta: Bumi Ak-sara
Waseso, Iksan. 2009. Evaluasi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka
Widodo. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kompas Gra-media
Wijana, Widarmi D, dkk. 2012. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Tangerang: Universitas Terbuka
Zaman, Badru, dkk. 2009. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka