PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ROLE PLAYING DENGAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR IPS (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS V SD ISLAM AL-GONTORY TULUNGAGUNG)

EKA YULIANA SARI
INGGRID BELA SUASTIAJI
LINTANG PERMATA


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v2i01.435

Abstract


Tujuan Pendidikan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, adalah mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Penerapan model pembelajaran Role Playing dengan media video pada pelajaran IPS Kelas V di SD ISLAM Al-Gontory memiliki kelemahan yaitu kekurangan dalam alokasi waktu pada waktu proses pembelajaran. Namun, secara keseluruhan menunjukkan bahwa siswa terlihat sangat antusias dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukan dan seluruh siswa terlibat aktif melakukan aktivitas bermain peran sesuai dengan perannya masing-masing dan menghayati setiap peran yang dimainkan. Keadaan ini menyebabkan tujuan pembelajaran IPS dapat tercapai dan rata-rata kelas mencapai di atas KKM yang ditentukan. Terdapat perbedaan hasil belajar IPS pre tes pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang dibuktikan dari hasil rata-rata pre tes kelas eksperimen sebanyak 54,64 dan kelas kontrol sebanyak 58,86 yang berarti berbeda secara signifikan dengan selisih beda sebesar 4,22. Pada kelas kontrol setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran konvensional ternyata rata-rata hasil belajar siswa meningkat tetapi tidak signifikan yaitu dari 58,86 menjadi 59,12. Sedangkan pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan media video ternyata setelah diukur rata-rata hasil belajar siswa meningkat sangat signifikan yaitu dari 54,64 menjadi 76,56. Jadi hasil belajar IPS kelas eksperimen dengan kelas kontrol berbeda signifikan hal ini dibuktikan rata-rata nilai gain score kelas eksperimen jauh lebih tinggi yaitu sebesar 21,92 dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0,26, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran role playing dengan media video lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Article Metrics :

References


Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (Eds.). 2001. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Takso-nomi Pendidikan Bloom). Terjemahan Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pus-taka Belajar.

Aripin, I. 2008. Modul Pelatihan Analisis Data den-gan Software Excel dan SPSS. Malang: Un-iversirtas Brawijaya.

Dani, 2013. Role Playing Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. [Online]. Tersedia: (http://pojokpakdani.wordpress.com/ 2013/01/14)

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayat, T. & Istiadah, N. 2011. Panduan Lengkap Menguasai SPSS 19 untuk Mengolah Data Statistik Penelitian. Jakarta: Mediakita.

Ibrahim, dkk. 2006. Media Pembelajaran¬. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Latif, M. 2011. Studi Komparatif Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Siswa Dalam Pembelajaran Sistem Stater Dan Pengisisan Otomotif. (Online), (http://ejournal.ikip-veter-an.ac.id/ejournal/index.php/gardan/article/view/11), diakses 27 Februari 2013.

Mulyasa, E. 2004. Panduan Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurhadi & Senduk. 2004. Pembelajaran Konteks-tual dan Penerapan dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rasyid, H. 1994. Teknik Penarikan Sampel dan Pe-nyusunan Skala. Bandung: Pascasarjana UNPAD.

Sadiman, A. S. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekom Dikbud dan PT. Raja Grafindo.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorien-tasi Strandar Proses Pendidian. Jakarta: Ken-cana Prenada Media.

Seran, E. Y. 2010. Dampak Penerapan Model Role Playing Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kepekaan Sosial Siswa, 1 (2).(Online), (http://jurnal.pdii.lipi.go.id/ ad-min/jurnal/12101429_2086-4450.pdf), di-akses 5 Januari 2013.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. 2009. Psilologi Pendidikan Teori dan Praktik. PT indeks: Jakarta.

Sudjana, A. 1992. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


slot gacor slot