PENGGUNAAN MODEL MNEMONIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGINGAT SECARA EFEKTIF DAN AKTIF BELAJAR SISWA PADA TEMA KELUARGAKU (STUDI PADA SISWA KELAS I SD ISLAM AL-GONTORY TULUNGAGUNG)
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics :
References
Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. (Eds.). 2001. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Terjemahan Agung Pri-hantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Aripin, I. 2008. Modul Pelatihan Analisis Data dengan Software Excel dan SPSS. Malang: Universirtas Brawijaya.
Dani, 2013. Mnemonik Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. [Online]. Tersedia: (http://pojokpakdani.wordpress.com/ 2013/01/14)
Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hidayat, T. & Istiadah, N. 2011. Panduan Lengkap Menguasai SPSS 19 untuk Mengolah Data Statistik Penelitian. Jakarta: Mediakita.
Ibrahim, dkk. 2006. Media Pembelajaran¬. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Latif, M. 2011. Studi Komparatif Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Prestasi Siswa Dalam Pembelajaran Sistem Stater Dan Pengisisan Otomotif. (Online), (http://ejournal.ikip-veter-an.ac.id/ejournal/index.php/gardan/article/view/11), diakses 27 Februari 2013.
Mulyasa, E. 2004. Panduan Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurhadi & Senduk. 2004. Pembelajaran Konteks-tual dan Penerapan dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Rasyid, H. 1994. Teknik Penarikan Sampel dan Pe-nyusunan Skala. Bandung: Pascasarjana UNPAD.
Sadiman, A. S. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekom Dikbud dan PT. Raja Grafindo.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorien-tasi Strandar Proses Pendidian. Jakarta: Ken-cana Prenada Media.
Seran, E. Y. 2010. Dampak Penerapan Model Mnemonik Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kepekaan Sosial Siswa, 1 (2). (Online), (http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/12101429_2086-4450.pdf), diakses 5 Januari 2013.
Slameto. 2003. Belajardan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Slavin, R. E. 2009. Psilologi Pendidikan Teori dan Praktik. PT indeks: Jakarta.
Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, A. 1992. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, H. M. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Suryantina, D. 2011. Pengaruh Model Pembelaja-ran Kooperatif STAD dengan Diagram Vee Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA SMAN 1 Kru-eng Barona Jaya Aceh Besar. UM: Program Pascasarjana Prodi Magister Pendidikan Kimia.
Syah, M. 2005. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Kartini T. 2007. Penggunaan Model Mnemonik Untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, (8). (Online),
Tim Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. 2011. Pedoman Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan endidikan di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Video Drama Proklamasi Part 3. http://www. you-tube. com/watch?v=0I8xm V6Koko. Diakses 5 Mei 2013.
Video Menculik Bung Karno.http: //www.youtube. com/watch?v=uVJB_BnU1TY. Diakses 5 Mei 2013.
Video 16 Agustus Trailer. http://www.youtube. com/watch?v=1SBzm34QChU. Diakses 20 Januari 2013.