MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERFIKIR GEOMETRI MELALUI PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Geometri melalui Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP)

INDAH SETYO WARDHANI


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v1i01.431

Abstract


Geometri menempati posisi khusus dalam pelajaran matematika.Dalam sudut pandang psikologi, geometri merupakan penyajian abstraksi dari pengalaman visual dan spasial, misalnya bidang, pola, pengukuran dan pemetaan. Sedangkan dari sudut pandang matematik, geometri menyediakan pendekatan-pendekatan untuk pemecahan masalah, misalnya gambar-gambar, diagram, sistem koordinat, vektor, dan transformasi.Mempelajari geometri membutuhkan kemampuan berfikir geometri. Van Hiele menjelaskan kemampuan berfikir geometri melalui tingkat berpikir geometri yaitu tahap pengenalan (visualisasi), tahap analisis (deskriptif), tahap pengurutan (deduksi informal), tahap deduksi (formal), tahap ketepatan (rigor/akurasi). Kemampuan berfikir geometri dapat dikembangkan melalui pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) dengan tiga tahapanyaitu phase lounching, phase eksploring, phase summarizing.


Article Metrics :

References


Bobango, J.C. 1993. Geometry for All Student: Phase-Based Instruction. Dalam Cuevas (Eds). Reaching All Students With Mathematics. Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics, lnc

Budiarto. (2000). Pembelajaran Geometri dan Ber-pikir Geometri. Dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika, Jurusan Matematika FMIPA ITS. Surabaya:ITS

Clements & Battista. (1992). Geometry and Spatial Reasoning. Dalam D.A. Grows, (ed.). Handbook of Research on Teaching and Learning Mathematics. (pp. 420-464). New York: MacMillan Publisher Company.

Fisher, R. (1995). Teaching Children to Think. Hong Kong: Stanley Thornes Ltd.

Glenda Lappan dkk, (2001), Accentuate the Nega-tive, Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.

Henningsen, M. dan Stein, M. K. (1997). Mathe-matical task and student conigtion: class-room based factors that support and inhibit high-level thinking and reasoning. JRME. 28, 524–549.

Mullis. I.V.S. dkk (2001) TIMSS (1999). International Mathematics Report. Boston. The International Study Center.

Musser, Gary L, dan Burger, William F, 1993. Ma-thematics for Elementary Teacher: A Con-temporary Approach. New Jersey: A Simon &chuster Company

Olson, Robert W. (1996). Seni Berpikir Kreatif. Se-buah Pedoman Praktis. (Terjemahan Alfon-sus Samosir). Jakarta:Erlangga

Orton, A. 1992. Learning Mathematics : Issues, Theory and Classroom Practice. Second Edition. New York:Cassell

Purnomo, A. (1999). Penguasaan Konsep Geometri dalam Hubungannya dengan Teori Perkembangan Berpikir van Hiele pada Siswa Kelas II SLTP Negeri 6 Kodya Malang. Tesis IKIP Malang. Malang:Tidak diterbitkan.

Shafer, M.C. dan Foster, S. (1997). The Changing Face of Assessmen. Principled Practice in Mathematics and Sciene, pp. 1-7, 1(2). Tersedia: http://www.wcer.wisc.edu/ucisla. [On-line 15 Desember 2015]

Solso R.L. (1991). Cognitive Psychology. Third Edi-tion. Needham Heights:Allyn and bacon.

Sudarman. (2000). Pengaruh Frekuensi Evaluasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Inkuiri). [Online]. Tersedia: http://pembelajaranfisika.blogspot.com/2008/06/pengaruh-frekuensi evaluasi terha-dap.html. [3 Desember 2015]

Sumarmo, U. (2009). High Level Mathematical Thinking: Experiments With High Schooland Under Graduate Students Using Various Ap-proaches and Strategies. Makalah yang dis-ampaikan pada Seminar di UPI. Ban-dung:UPI.

Sumarmo, U. (2011). Advanced Mathematical Thinking dan Habit of Mind Mahasis-wa(Bahan Kuliah). PPS UPI Bandung:tidak diterbitkan

Sumarmo, U. (2003). Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika padaSiswa Sekolah Menengah. Disampaikan pada Seminar Na-sional Pendidikan MIPA di FPMIPA UPI.

Usiskin, Z. (1982). Van Hiele levels and achieve-ment in secondary school geometry: Final re-port of the Cognitive Development and Achievement in Secondary School Geometry (CDASSG) Project. Department of Education, University of Chicago, US.

Van de Walle, J. A. (2006). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Pengembangan Pen-gajaran. Edisi Keenam. Jakarta: Penerbit Er-langga