PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE STAD PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI DI KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN TRENGGALEK SEMESTER I TAHUN 2015/2016

YUDA IRIANTO PRASETYO


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v1i01.430

Abstract


Dalam kegiatan sehari-hari manusia tidak dapat dipisahkan dengan Matematika. Matematika timbul karena pikiran-pikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses dan mulai dari menghitung sampai penalaran yang membutuhkan fakta, kadang-kadang pada waktu istirahat pun manusia tidak lepas dari Matematika. Pada waktu manusia kelihatan diam, pada kenyataannya ia masih juga memakai pikirannya untuk menghitung, karena Matematika adalah alat yang dipakainya untuk membentuk pikiran yang rasional, dan untuk menyampaikan pendapat, perbuatan, serta alat yang dipakai untuk mempengaruhi pemikiran manusia. Berdasarkan pada latar belakang masalah tersebut di atas, maka dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti dapat merumuskan bahwa Bagaimana peningkatan prestasi belajar matematika melalui metode STAD pada siswa SD Negeri di Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun 2015/2016. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran obyektif tentang peningkatan prestasi belajar matematika materi pokok Bilangan Bulat melalui metode  STAD pada siswa SD Negeri di Kecamatan Gandusari Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun 2015/2016. Pembelajaran kooperatif STAD adalah suatu penyajian bahan pelajaran dengan cara siswa membahas, bertukar pendapat mengenai topik/masalah tertentu, untuk memperoleh suatu kesepakatan atau kesimpulan.Penelitian tindakan kelas ini menggunakan format observasi aktivitas siswa, dan format penilaian tes tulis. Analisis data yang digunakan adalah ketuntasan individu dan ketuntasan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri di Kecamatan Gandusari semester I tahun 2015/2016. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya STAD pada pembelajaran matematika terbukti mampu meningkatkan prestasi belajar siswa SD Negeri di Kecamatan Gandusari yaitu dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa pada siklus I 76,50 dengan prosentase ketuntasan sebesar 75,00% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 80,00 dengan prosentase ketuntasan sebesar 100%.

Article Metrics :

References


Bafadal, I. 1994. Proses Perubahan di sekolah. Desetasi tidak Di-publikasikan. Program Pascasarjana IKIP Malang

Guba, E. G., & Licoln, Y. S. 1981. Effective Evaluation. San Fransisco : Jossey- Bass Publisher

Hamalik, O. 2001. Perencanaan Pem-belajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara

Moleong, L. J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Moleong, L. J. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Spradley, J., P. 1980. Participant Observation. New York : Holt, Rinehart and Wiston

Suparno, P.,Rohandi, R., Sukadi, G., Kartono, S. 2001. Reformasi Pendidikan Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Taufik Hidayat, Andika Ari Setyawan.2009.Belajar Matematika itu Mudah.Jakrta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Usman, Uzer, M. 2001 . Menjadi Guru Profesional. Edisi Kedua. Cetakkan keempat belas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Zuriah, N, 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang : Bayu Medi Publishing

Zuriah, N. 2003. Penelitian Tindakan dalam Bidang Pendidikan dan Sosial. Edisi Pertama. Malang : PT Remaja Rosdakarya

Karso. 1998. Pendidikan Matematika I. Jakarta : Depdikbud Proyek Peningkatan Mutu Guru Kelas SD Setara DII.

Muchtar A. Karim. Matematika.www.dunia guru.com.

Mulyono Abdurrahman. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT. Rine-ka Cipta.

Sugiyanto. 2008. Model-model Pembelajaran In-ovatif. Surakarta: UNS press.

Udin Saefudin Sa’ud. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: AlFABETA.

Wina Sanjaya. 2008. Pembelajaran Dalam Imple-mentasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Ja-karta: Kencana Perdana Media. wikipedia. Org / wiki /Pembelajaran