PENINGKATAN KEMAMPUAN, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA TEKS BACAAN UNTUK SISWA KELAS VI SDN POJOK III KECAMATAN BOYOLANGU TULUNGAGUNG

FRITA DEVI ASRIYANTI


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v1i01.426

Abstract


Membaca pemahaman merupakan proses memahami kata-kata atau konsep ketatabahasaan baik dengan cara dibaca secara nyaring, dalam hati ataupun yang lain, dimana kemampuan anak atau siswa berbeda-beda dan bervariasi, maka dari itu pemahaman isi bacaan dari masing-masing siswa pun juga berbeda-beda dalam menentukan gagasan utama atau ide pokok pada tiap paragraf. Di dalam membaca ada beberapa tujuan, yang salah satunya adalah untuk memahami isi bacaan. Memahami isi bacaan adalah salah satu cara utama yang ditempuh oleh seorang siswa untuk menemukan kalimat utama pada tiap-tiap paragraf. Pemahaman bacaan juga berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya, tergantung bagaimana orang tersebut dapat memahami dan menjelaskan arti pada masing-masing kata dan kalimat. Teks bacaan merupakan bahan pembelajaran membacayang memiliki karakteristik yang jelas sehingga cukup kaya bila digunakan sebagai latihan pengenalan kata sampai pada strategi-strategi membaca. Selain contoh penyampaian gagasan seperti tersebut di atas, penyampaian gagasan atau pesan tersebut oleh penulis diatur dengan sistematis ditata menurut urutan yang logis dengan penjelasan-penjelasan yang mendukungnya dan isi keseluruhan bacaan yang mengacu pada ketunggalan tujuan dari gagasan tersebut. Dalam membaca pemahaman, menangkap isi bacaan secara keseluruhan sangatlah diperlukan. Isi bacaan secara garis besar bisa dilihat dari bentuk dan jenis paragraf yang tersusun dalam teks. Sehingga kalimat utama dapat pula berada di susunan kalimat yang berbeda letaknya, maksudnya kalimat utama bisa berada di awal, tengah maupun akhir dari sebuah paragraph pada siswa kelas VI SDN Pojok III Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung

Article Metrics :

References


Akbar, Sa’dun. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Cipta Media Aksara.

Akbar, Sa’dun; Faridatuz, Luluk. 2009. Prosedur Penyusunan Laporan dan Artikel. Yogyakarta : Cipta Media Aksara.

Akhadiah, Sabarti dkk. 1991. Bahasa Indonesia I. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, S. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta : Rineka Cipta.

Degeng, Nyoman Sudana. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Depdiknas Universitas Negeri Malang.

Dimyati & Moedjiono. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud RI.

Dimyati & Moedjiono. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud RI.

Hamalik, Oemar. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Ismawati, Esti. 2011. Perencanaan Pengajaran Bahasa. Surakarta : Yuma Pustaka.

Kasbolah, Kasihani. 1998. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuntjojo. 2010. Model-model Pembelajaran. Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Mulyati. 2007. Keterampilan Berbahasa Indonesia di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta : Bumi Aksara.

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa Panduan ke Arah Kemahiran Berbahasa. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Santosa, Puji dkk. 2006. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Santosa, Puji dkk. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Solchan. 2007. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.

Suparno&Yunus, Muhammad. 2008. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Wibawa, B. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.