MENINGKATKAN PRESTASI HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENERAPKAN PEMBERIAN BALIKAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 SIDOMULYO KECAMATAN GONDANG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN 2013/2014 SEMESTER I

ISNIAH ISNIAH


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v1i01.424

Abstract


Kepala sekolah sebagai educator atau guru merupakan salah satu faktor yang turut menentukan tingkat keberhasilan setiap upaya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan. Itulah sebabnya setiap ada inovasi pendidikan khususnya dalam kurikulum dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dan upaya pendidikan selalu bermuara pada faktor guru.Hal ini menunjukan bahwa betapa eksisnya peran guru dalam dunia pendidikan. Demikian pula dalam upaya pembelajaran siswa, guru dituntut memiliki multi peran sehingga mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif dan guru harus dapat meningkatkan kemampuan belajar siswanya baik secara kuantitas maupun meningkatkan mutu kualitas mengajarnya. Kesempatan belajar siswa dapat ditingkatkan dengan jalan melibatkan siswa secara aktif dalam belajar.Mulai dan akhirnya mengajar tepat pada waktunya.Hal ini berarti kesempatan belajar makin banyak dan optimal di samping itu pula guru menunjukan keseriusan saat mengajar sehingga dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa untuk belajar.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah langkah-langkah kepala sekolah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai educator untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN 2 Sidomulyo Kecamatan Gondang tahun 2013/2014 semester I pada bidang studi matematika dengan pemberian balikan? (2) Apakah pemberian balikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika?Melalui proses pembelajaran dengan menerapkan Pemberian Balikan ternyata dapatmeningkatkan prestasibelajar dan keaktifan siswa dan berpengaruh secara langsung terhadap peningkatan prestasi belajar Matematika pada siswa Kelas V SDN 2 Sidomulyo Kecamatan Gondang Tulungagung tahun 2013/2014 semester I. Hal ini dapat dilihat daritingkat daya serap siswa pada sebelum siklus sebesar 70,00 dengan ketuntasan 22,22%, pada siklus I sebesar 82,22 dengan ketuntasan sebesar 77,78% dan meningkat menjadi 83,89 dengan ketuntasan 88,89% pada akhir siklus II. Respon siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan pemberian balikanmemberikan respon yang sangat positif dengan perolehan rata-rata respon sebesar 1,86

Article Metrics :

References


Balai Pastaka, 1995,Kamus Besar Bahasa Indone-sia, Jakarta, Yayasan Nusantara

Collin Rose, Malcolm J.Nicholl, 2003, Accelerated Learning For The21Cara Belajar Cepat Abad XXI,Bandung,Nuansa.

Djamarah, Bakri, Syaiful, 1994, Prestasi Belajar Dan Kompetensi Guru, Surabaya, Usaha Nasional

JJ Pasaribu, Moedjiono, 1995, Proses Belajar Mengajar, Bandung, CV. Remaja karya

Jusuf kasrori,dkk, 1991, Interaksi Belajar Mengajar, Metode Pengajaran, Surabaya, University Press IKIP

Melvin L Silberman, 2003, Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif Bandung, Nusamedia

Moh. Uzer Usman, 2000,Menjadi Guru Profesional, Bandung, Remaja Rosdakarya

Muhibbin, 1995, Psikologi Pendidikan Suatu Pen-dekatan Baru, Bandung, Rosdakarya

Noeng Muhajir, 1993, Subyek Didik, Jakarta, Rineka Cipta

Ratna Wilis Dahar, 1988, Teori-teori Belajar, Ban-dung, P2LPTK

Riduwan, 2003, Metode & Teknik Menyusun Tesis, Bandung, Alfabeta

Sriyono, dkk, 1991, Teknik Belajar Mengajar Da-lam CBSA, Jakarta, Rineka Karya

Subagyo Rahman. 1984, Belajar, Pembelajaran dan Metode-metode Dalam Pembelajaran, Jakarta, BRI Urusan Pendidikan dan Pelati-han

Sudjatmiko,dkk, 2003, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta, Depdiknas,

Dirjen Dikdasmen. Direktorat Tenaga Kependidikan

,Undang-Undang Dasar 1945, Jakarta, Anugrah Karya Aksara