PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MASALAH SOSIAL MELALUI METODE INKUIRI SOSOAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN KENDALREJO 01 KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR

RIA FAJRIN RIZQY ANA


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v1i01.422

Abstract


Penerapan strategi pembelajaran juga perlu dilaksanakan dalam pembelajaran IPS, karena mata pelajaran IPS merupakan ilmu yang membahas tentang masalah-masalah sosial yang selalu ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari. Pada penelitian ini akan dikaji mengenai teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah penelitian. Hal-hal yang akan dikaji adalah karakteristik siswa SD, pembelajaran IPS di SD, metode inkuiri sosial,dan masalah sosial. Selain itu, berikut ini akan diuraikan metode penelitian yang digunakan oleh peneliti, yang diantaranya meliputi jenis penelitian, kehadiran peneliti, lokasi dan waktu penelitian, subyek penelitian, dan prosedur penelitian. Hasil dari penelitian ini diperoleh dari penerapan metode inkuiri sosial pada dua siklus yang direncanakan. Pada bab ini, peneliti akan memaparkan data hasil temuan yang meliputi penerapan pembelajaran pra tindakan, siklus I, siklus II, dan refleksi tiap akhir siklus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan metode inkuri sosial pokok bahasan mengenai masalah sosial, terdiri dari tiga keterampilan yang diajarakan diantaranya keterampilan menyusun pertanyaan, keterampilan melakukan wawancara, dan keterampilan menyusun laporan. Dan 2) Penerapan metode inkuiri sosial pada pokok bahasan mengenai masalah sosial, dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rekapitulasi peningkatan pemahaman konsep masalah sosial dari siklus I ke siklus II yang mengalami peningkatan sebanyak 16%. Hingga akhir siklus II diketahui masih terdapat satu siswa yang belum tuntas dalam mengerjakan tes akhir siklus.


Article Metrics :

References


Akbar, Sa’adun. 2009. Penelitian Tindakan Kelas: Filosofi, Metodologi, Implementasi. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Azis, Abdul. 2009. Metode dan Model-model Men-gajar IPS. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud

Jihad, A dan Haris. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Rupiani, Nopita. 2010. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Bagi Siswa Kelas IV SDN Plumbangan 03 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Sapriya. 2009. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS): Konsepdan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardjiyo. 2008. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Un-iversitas Terbuka.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Pembelajaran Belajar Mengajar. Bandung: Remaja.

Sudrajat, Ahmad. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Sosial, (Online), (http://ahmadsudrajat.wordpress.com), diakses Kamis, 03 Februari 2011.

Sumaatmadja, Nursid. 2008. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovativ Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Edisi ke Lima: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Winatraputra, Udin S. 2007. Materi Pokok dan Materi Pembelajaran IPS SD. Jakar-ta:Universitas terbuka.

Yuli. 2010. Karakteristik Siswa Sekolah Dasar, (Online), (http://karyailmiah.um.ac.id), diakses Kamis, 03 Februari 2011.