PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (Numbered Heads Together) PADA SISWA KELAS IV SD KAMPUNGDALEM 1 TULUNGAGUNG

RAHYU SETIANI

Abstract


Mata pelajaran matematika perlu diberikan pada semua siswa melalui proses pembelajaran mulai dari Sekolah Dasar, untuk membekali siswa dengan kemampuan berfikir logis, kritis dan kreatif serta mempunyai kemampuan bekerja sama. Hal tersebut diperlukan agar siswa dapat memiliki kemampuan memperoleh, mengelola dan memanfaatkan informasi untuk bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, dan tidak pasti. Kajian pustaka yang akan peneliti sajikan merupakan landasan dalam merencanakan dan melaksanakan tindakan perbaikan pembelajaran serta menjadi rujukan dalam membahas hasil penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti, yang diantaranya meliputi jenis penelitian, kehadiran peneliti, lokasi dan waktu penelitian, subyek penelitian, dan prosedur penelitian. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa. Penerapan Model Kooperatif NHT pokok bahasan mengenai matematika, terdiri dari tiga keterampilan yang diajarakan diantaranya keterampilan menyusun pertanyaan, keterampilan melakukan wawancara, dan keterampilan menyusun laporan. Penerapan Model NHT di siswa kelas IV SD Kampungdalem 1 Tulungagung pada Mata Pelajaran Matematika pada pokok bahasan mengenai masalah, dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rekapitulasi peningkatan pemahaman konsep masalah sosial dari siklus I ke siklus II yang mengalami peningkatan sebanyak 16%. Hingga akhir siklus II diketahui masih terdapat satu siswa yang belum tuntas dalam mengerjakan tes akhir siklus.

Article Metrics :

References


Akbar, Sa’adun. 2009. Penelitian Tindakan Kelas: Filosofi, Metodologi, Implementasi. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.

Azis, Abdul. 2009. Metode dan Model-model Men-gajar Matematika. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud

Jihad, A dan Haris. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Rupiani, Nopita. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Bagi Siswa Kelas IV SDN Plumbangan 03 Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Sapriya. 2009. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS): Konsepdan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardjiyo. 2008. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Un-iversitas Terbuka.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Pembelajaran Belajar Mengajar. Bandung: Remaja.

Sudrajat, Ahmad. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Sosial, (Online), (http://ahmadsudrajat.wordpress.com), diakses Kamis, 03 Februari 2011.

Sumaatmadja, Nursid. 2008. Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovativ Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Universitas Negeri Malang. 2010. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Edisi ke Lima: Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang.

Winatraputra, Udin S. 2007. Materi Pokok dan Materi Pembelajaran IPS SD. Jakar-ta:Universitas terbuka.

Yuli. 2010. Karakteristik Siswa Sekolah Dasar, (Online), (http://karyailmiah.um.ac.id), diakses Kamis, 03 Februari 2011