BAGAIMANA KEMAMPUAN SISWA SD DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDEN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA?

Muhammad Ilman Nafi'an


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v1i02.177

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah Matematika pada materi pecahan ditinjau dari gaya kognitif field independen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Khadijah Surabaya. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan tes gaya kognitif (GEFT) sebanyak 18 soal berbentuk gambar geometri.  Subjek diambil dari siswa yang mempunyai gaya kognitif Field Independent (FI). siswa mempunyai Gaya Kognitif FI apabila skor yang diperolah dalam mengerjakan Tes GEFT di ≥ 50. Instrumen yang digunakan yaitu tes masalah soal soal cerita yang sudah di validasi oleh ahli dan pedoman wawancara. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: (1) reduksi (2) pemaparan dan (3) menarik kesimpulan Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika materi pecahan ditinjau gaya kognitif  Field Independen di sekolah Dasar. Tahapan dalam menyelesaikan soal cerita meliputi memahami soal cerita, merencanakan atau membuat strategi penyelesaian, melaksanakan strategi penyelesaian dan memeriksa hasil kembali. Dapat disimpulkan bahwa Kemampuan  siswa yang mempunyai kognitif FI dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan dalam memahami soal cerita, siswa FI (Field Independen) dapat menyebutkan data yang diketahui dan yang ditanyakan dalam soal. Dalam merencanakan strategi penyelesaian soal cerita, siswa FI (Field Independen) menggunakan strategi yang tepat serta dapat menjelaskan langkah-langkah yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal cerita. Dalam melaksanakan rencana, siswa FI (Field Independen) melaksanakan rencana sesuai dengan strategi yang ditetapkan strategi penyelesain sehingga diperoleh jawaban yang benar. Dalam memeriksa kembali solusi yang diperoleh, siswa FI (Field Independen) mengecek langkah-langkah pengerjaannya, dengan yakin jika jawabannya benar dan dapat membuktikan jawaban yang diperoleh benar.

Kata Kunci : Kemampuan Siswa, Masalah Matematika, Gaya Kognitif Field Independen


Article Metrics :