PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MASALAH SOSIAL MELALUI METODE INKUIRI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SDN KENDALREJO 01 KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR

Ria Fajrin Rizqy Ana


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v1i02.175

Abstract


Sekolah Dasar (SD) merupakan salah satu lembaga pendidikan dasar yang memiliki fungsi fundamental yaitu sebagai fundasi pendidikan pada jenjang berikutnya dalam menyiapkan Sumber Daya Masyarakat (SDM) yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan jenis penelitian tindakan, penelitian ini menggunakan prosedur kerja yang dipandang sebagai suatu siklus spiral dan perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Kegiatan yang dilakukan setiap siklusĀ  diawali dengan perencanaan, melakukan tindakan, observasi terhadap tindakan, dan diakhiri dengan refleksi. Sumber data yang digunakan untuk penelitian ini adalah peningkatan pemahaman konsep siswa yang berupa keterampilan proses dan produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, catatan lapangan, dan observasi. Teknik pengumpulan data ini bertujuan untuk mendapatkan data yang valid sebagai penunjang keberhasilan dari penelitian. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model kualitatif. Penerapan metode inkuiri sosial pada pokok bahasan mengenai masalah sosial, dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai rekapitulasi peningkatan pemahaman konsep masalah sosial dari siklus I ke siklus II yang mengalami peningkatan sebanyak 16%. Hingga akhir siklus II diketahui masih terdapat satu siswa yang belum tuntas dalam mengerjakan tes akhir siklus

Kata kunci : pemahaman konsep, inkuiri social


Article Metrics :