PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MULTIMEDIA INTERAKTIF DISERTAI PETA KONSEP MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SDN 14 KOTA TERNATE

Rahmat Muhdar


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v1i02.174

Abstract


Materi organ peredaran darah manusia terdapat pada kelas V sekolah dasar semester 1tergolong abstrak . Hal ini mempengaruhi ketertarikan dan hasil belajar siswa dalam belajar materi tersebut. Permasalahan di atas perlu secepatnya diselesaikan. Salah satu alternatif pemecahan masalah yaitu mengembangkan bahan ajar disesuaikan dengan karakteristik siswa.Bahan ajar multimedia interaktif merupakan salah satu jenis bahan ajar. Bahan ajar multimedia interaktif memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan bahan ajar lain. Pembelajaran bermakna dapat dilakukan melalui peta konsep. Peta konsep memberikan bantuan visual untuk mengorganisasikan konsep-konsep yang akan dipelajari. Dengan pertimbangan tersebut, dikembangkan Bahan Ajar Multimedia Interaktif disertai Peta Konsep ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menghasilkan bahan ajar multimedia interaktif disertai peta konsep yang valid, praktis, menarik, dan efektif dan (2) mendeskripsikan bahan ajar multimedia interaktif disertai peta konsep yang valid, praktis, menarik, dan efektif. Secara garis besar, prosedur penelitian ini, yaitu (1) Studi Pendahuluan, (2) Perencanaan, (3) Desain Produk, (4) Validasi Produk, (5) Uji Coba Produk, dan (6) Produk Akhir. Hasil penelitian ini adalah dihasilkan Bahan Ajar Multimedia Interaktif disertai Peta Konsep telah valid, praktis, menarik, dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar materi organ peredaran darah manusia.Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif disertai Peta Konsep ini menggunakan Model Pengembangan Modifikasi Borg & Gall. Secara garis besar langkah penelitian ini, yaitu (1) Studi Pendahuluan, (2) Perencanaan, (3) Desain Produk, (4) Validasi Produk, (5) Uji Coba Produk, dan (6) Produk Akhir. Uji coba produk terdiri atas uji coba awal dan uji coba terbatas. Uji coba awal terdiri atas validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil validasi ahli materi mencapai 83% dan hasil validasi ahli media mencapai 73%. Uji coba terbatas dilakukan kepada guru dan siswa. Hasil rata-rata angket kepraktisan guru dan siswa mencapai persentase 95,38%. Hasil angket kemenarikan siswa mencapai persentase 90,76%. Hasil evaluasi belajar siswa menunjukkan 27 siswa (82%) telah tuntas belajar dan 6 siswa (18%) tidak tuntas belajar. Berdasarkan hasil di atas, bahan ajar multimedia interaktif disertai peta konsep telah valid, praktis, menarik, dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPA kelas V sekolah dasar materi organ peredaran darah manusia.

Kata Kunci: Bahan Ajar, Multimedia Interaktif, Peta Konsep, Organ Peredaran Darah Manusia.


Article Metrics :