ANALISIS KELAYAAN BUKU AJAR SISWA SD KELAS V TEMA EKOSISTEM DAN LINGKUNGAN SAHABAT KITA DITINJAU DARI ASPEK SCIENCE LITERACY

Aldila Wanda Nugraha


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v1i02.165

Abstract


Penelitian dengan judul “Analisis Kelayakan Buku Ajar Siswa SD Kelas V Tema Ekosistem dan Lingkungan Sahabat Kita Ditinjau Dari Aspek Science Literacy” ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dari buku ajar SD Kelas V Tema Ekosistem dan Lingkungan Sahabat Kita, dengan aspek yang dikaji adalah literasi sains dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan observasi. Berdasarkan pengambilan data melalui dokumentasi diperoleh bahwa buku ajar yang digunakan berjumlah 2 buku dan dari metode observasi diperoleh data lebih lengkap berupa kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikan. Hasil kelayakan dan tingkat keterbacaan menunjukkan bahwa dari kelayakan isi 2 buku memiliki kategori baik, yaitu buku Tema Ekosistem dan Lingkungan Sahabat Kita, kelayakan bahasa kedua buku memiliki kategori cukup, kelayakan penyajian 2 buku memiliki kategori baik, dan untuk kegrafikan, 2 buku berkategori baik.

Penelitian ini menunjukkan bahwa sebuah buku harus memiliki kelayakan dari isi, bahasa, penyajian,dan kegrafikan, buku ajar harus sesuai dengan tingkat literasi sains, agar dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang dapat menunjang aktivitas, kreativitas, dan memenuhi kebutuhan sumber belajar bagi siswa.

Kata Kunci: Science Literacy, kelayakan buku, buku ajar SD.


Article Metrics :