ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA BERBASIS PAIRED STORYTELLING (BERCERITA BERPASANGAN) PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 MOJOARUM TAHUN AJARAN 2018/2019

ROSA ILMA SYLVIA


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1534

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis dan mendiskripsikan keterlaksanaan proses pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan model pembelajaran paired storytelling siswa kelas V SDN 2 Mojoarum, (2) menganalisis dan mendiskripsikan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model pembelajaran paired storytelling siswa kelas V SDN 2 Mojoarum. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data digunakan langkah-langkah ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran paired storytelling diperoleh skor nilai 84 dengan prosentase 84% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Adapun hasil observasi keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan model pembelajaran paired storytelling diperoleh hasil skor 287 dengan prosentase 71% yang termasuk dalam kategori “baik”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan paired storytelling ini dapat memotivasi untuk belajar lebih baik dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di kelas V SDN 2 Mojoarum.

Kata Kunci


Keterampilan Berbicara; Model Pembelajaran Paired Storytelling

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics :

Sari view : 6 times

PDF View : 3 times

About The Author :

ROSA ILMA SYLVIA SDN 2 Mojoarum Kabupaten Tulungagung (Indonesia)