PENGARUH MEDIA DAKOTA PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB KELAS IV SDN 3 BENDOAGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara media Dakota terhadap hasil belajar matematika materi KPK dan FPB kelas IV SDN 3 Bendoagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental sedangkan desain penelitiannya menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penitian ini adalah seluruh populasi kelas IV yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok A berjumlah 14 siswa sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelompok B berjumlah 13 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoh ttabel sebesar 1,761 dan thitung sebesar 5,484 sedangkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai thitung > ttabel (7,289 > 1,670 ) dan taraf signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media Dakota terhadap hasil belajar matematika materi KPK dan FPB kelas IV SDN 3 Bendoagung.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoh ttabel sebesar 1,761 dan thitung sebesar 5,484 sedangkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai thitung > ttabel (7,289 > 1,670 ) dan taraf signifikan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara media Dakota terhadap hasil belajar matematika materi KPK dan FPB kelas IV SDN 3 Bendoagung.
Keywords
Dakota; Hasil Belajar; Model Kooperatif