ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN 1 JEPUN KABUPATEN TULUNGAGUNG

ONI NOVEMBIANTO


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1531

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang pemanfaatan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada materi bangun ruang pada mata pelajaran matematika kelas IV. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Jepun Kabupaten Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 1 Jepun Kabupaten Tulungagung. Adapun jumlah siswa sebagai subjek dalam penelitian ini adalah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan mengenai pemanfaatan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SDN 1 Jepun, hasil pemanfaatan media pembelajaran pada pembelajaran matematika di SDN 1 Jepun menunjukkan total skore 1225 dengan prosentase 83% dan termasuk kategori sangat tinggi. Minat belajar siswa menunjukkan total skor 1855 dengan prosentase 80% dan termasuk kategori tinggi. Hasil pemanfaatan media pembelajaran terhadap minat belajar siswa menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran pada pembelajaran matematika sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Minat belajar siswa dalam penelitian ini masuk dalam kategori tinggi dan pemanfaatan media pembelajaran juga masuk dalam kategori sangat tinggi di kelas IV SDN 1 Jepun Kabupaten Tulungagung.


Keywords


Media Pembelajaran; Minat Belajar Siswa

Article Metrics :