ANALISIS KESALAHAN EJAAN SISWA DALAM TEKNIK MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MATERI BAHASA INDONESIA TEMA 6 KELAS II SDN 1 GONDANG

NUGRANANDA JANATTAKA
ANGGITA MARCHELINA SABATINI


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1529

Sari


Kesalahan ejaan pada tekhnik penulisan tegak dapat ditemukan pada pemakaian unit kebahasaan tertentu seperti pemakaian fonem, bentuk kata, kalimat, paragraf, serta pemakaian ejaan yang melanggar aturan atau kaidah bahasa Indonesia baku. Untuk mendeskripsikan Kesalahan Ejaan Siswa dalam Teknik Menulis Tegak Bersambung pada Materi Bahasa Indonesia Tema 6 Kelas II SDN 1 GondangTulungagungTahunAjaran 2018/2019.Untuk mendeskripsikan Teknik Menulis Kesalahan Ejaan Tegak Bersambung pada Materi Bahasa Indonesia Tema 6 Kelas II SDN 1 Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, merupakan data yang berkenaan dengan fakta, keadaan, variabel dan fenomena yang terjadi saat penelitian berlangsung dan menyajikan apa adanya. Subjek penelitian ini siswa kelas II SDN 1 Gondang. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar wawancara, dan tes. Dalam penelitian ini, penulis mengambil salah satu sampel yakni siswa dengan inisial ADW yang memiliki bentuk dan ukuran tulisan miring ke kanan dengan hasil tulisan sebagaimana ditunjukkan pada gambar 4.9. Dari contoh tulisan tangan tersebut di atas terlihat hampir setiap penulisan kata menunjukkan bentuk tulisan miring ke kanan, penulisan tersebut terlihat lebih jelas pada penulisan huruf yang bertangkai seperti huruf “b”, “d”, “g”, “h”, “k”, “l”, dan “t”. Secara teoritis penelitian ini dapat digunakan untuk memberikan informasi maupun masukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam memahami kelemahan penulisan ejaan.Terdapat persamaan sifat positif yang  dimiliki  yakni  tenang,  realistis,  cerdas,  tidak  mudah   dipengaruhi sedangkan sifat negatif yang dimiliki diantaranya adalah kaku, fokus, tenang, kurang responsif, dan kurang mampu bersikap empati.


Kata Kunci


Bahasa Indonesia; Kesalahan Ejaan; Menulis Tegak Bersambung

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics :

Sari view : 27 times

PDF View : 32 times

About The Author :

NUGRANANDA JANATTAKA PGSD STKIP PGRI Tulungagung (Indonesia)

ANGGITA MARCHELINA SABATINI PGSD STKIP PGRI Tulungagung (Indonesia)