PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE EKSPOSITORI MATERI POKOK KELILING DAN LUAS PERSEGI SERTA PERSGI PANJANG PADA SISWA KELAS III SDN 3 GAMPING KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FYA YUCHI ASTUTIK


DOI: https://doi.org/10.29100/jpsd.v5i1.1528

Abstract


Pelajaran matematika menggunakan metode ekspositori telah dilaksanakan pada SDN 3 Gamping Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah 2 orang siswa. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamankah pembelajaran yang ada di kelas 3 SDN 3 Gamping dan juga apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ekspositori. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III materi pokok keliling dan luas persegi serta persegi panjang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu obevasi, pre-tes, tes, catatan lapangan, dokumentasi. Penerapan metode terbukti bahwa dapat meningkatkan hasil belajar siswa, kedisiplinan, tanggung jawab, dan keterampilan siswa.

Keywords


matematika; metode ekspositori; hasil belajar

Article Metrics :