PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X-IIS DI SMAN 1 KAMAL

Ruski Ruski


DOI: https://doi.org/10.29100/jupeko.v1i1.33

Abstract


ABSTRAK. Model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match adalah salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk bekerja secara kolaboratif dengan mencari kartu pasangan yang telah dimiliki. Model pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru sangat berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar adalah hasil belajar setelah mengikuti program pembelajaran yang dinyatakan dengan skor atau nilai. Guna mengetahui sejauh mana signifikansi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap prestasi belajar siswa maka dilakukan penelitian dengan menggunakan metode eksperimen yang mengacu pada pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X – IIS di SMAN 1 Kamal. Dan yang menjadi sampel adalah kelas  yang berjumlah 36 siswa dimana kelas tersebut akan dijadikan kelas eksperimen. Design yang digunakan  dalam penelitian ini adalah One Group Pretest – Postest Design, dalam desain ini observasi dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebelum dna sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Pada penelitian ini peneliti menggunakan tes awal sebelum pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan tes akhir setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Hasil penelitian dan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa variabel bebas yaitu pembelajaran kooperatif tipe Make A Match (X) mempunyai pengaruh  yang signifikan terhadap variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y), diperoleh  (16,074 ≥ 1,688) dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (0,05), sehingga  diterima dengan kata lain model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match, Prestasi Belajar Siswa


Article Metrics :

References


Arikunto, suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Jakarta : PT. Rineka Cipta

Komalasari, kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual – Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT. Refika Aditama

Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu “ Metode – Metode Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru “.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sagala, syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sofan Amiri, & Iif Khoiru Ahmad. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran “ Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum “.Jakarta : PT. Prestasi Pustakarya.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suprijono, agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikais PAIKEM. Surabaya : Pustaka Pelajar.

Syah, muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Taniredja, tukiran, Efi Miftah Faridli, Sri Harmianto. 2013. Model – Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung : Alfabeta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Profresif “ Konsep,landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta :PT. Fajar Interpratama Mandiri

Tridiana, Yusita, D. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Kelas VIII – A SMPN 6 Bnagkalan Tahun Pelajaran 2012 – 2013. Skripsi. Tidak dipublikasikan Bangkalan : STKIP PGRI Bangkalan