IMPLEMENTASI MODEL JUCAMA BERBANTUAN GEMAS TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA SMP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Agus, I., & Purnama, A. N. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa: Studi pada Siswa SMPN Satu Atap. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 07(01), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Agustiani, N., Setiani, A., & Lukman, H. S. (2022). Pengembangan Instrumen Tes PLSV Berdasarkan Indikator Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 107–119. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v3i2.15837
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.
Asdarina & Ridha. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SETARA PISA KONTEN GEOMETRI. Numeracy, 7(1), 35–48.
Hermawan, W. (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Game Base Learning (GBL) Dalam Pembelajaran Di SMP N 2 Ngronggot. Communnity Development Journal, 5(1), 1263–1269.
Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Kheisya, P., Setiabudi, N., Rosalina, F., & Azzahra, F. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Menggunakan Media Tangram Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV. Madani: Jurnal …, 1(11), 123–131. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/1188%0Ahttps://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/viewFile/1188/1251
Lukman, H. S., Agustiani, N., & Setiani, A. (2023). Gamification of Mathematics Teaching Materials: Its Validity, Practicality and Effectiveness. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 18(20), 4–22. https://doi.org/10.3991/ijet.v18i20.36189
Lukman, H. S., Agustiani, N., & Setiani, A. (2024). GAMIFIKASI BAHAN AJAR MATEMATIKA SMP: ANALISIS KEPRAKTISAN DAN EFEKTIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. AKSIOMA, 13(1), 198–208. https://doi.org/10.24127/ajpm.v13i1.8170
Lukman, H. S., Setiani, A., & Agustiani, N. (2023). Validitas Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Teori FRISCO. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 55–67. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.6960
OECD. (2022). Pisa 2022. In Perfiles Educativos (Vol. 46, Issue 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714
Prihatiningtyas, N. C., & Rosmaiyadi, R. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Model Pembelajaran Jucama pada Materi Trigonometri. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 27. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2301
Ridwan, T., & Nasrulloh, I. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan kritis siswa sekolah dasar. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(2), 466. https://doi.org/10.29210/020221520
Siswono, T. Y. . (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Remaja Rosdakarya PT.
Siswono, T. Y. E. (2016). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Senatik 1), 11–16.
Sugiyono. (2022). METODE PENELITIAN. ALFABETA.
Toruan, M. O. L., Tambunan, L. O., & Simamora, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VI SMP Negeri 2 Pematang Siantar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(6), 10045–10058.
Wibawa, A. C. P., Mumtaziah, H. Q., Sholaihah, L. A., & Hikmawan, R. (2020). Game-based learning (gbl) sebagai inovasi dan solusi percepatan adaptasi belajar pada masa new normal. INTEGRATED (Journal of Information Technology and Vocational Education), 2(1), 49–54. https://doi.org/10.17509/integrated.v3i1.32729
Wulandari, W., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change and Relationship Dan Quantity. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 439. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.7233