PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII SMP MENGGUNAKAN KODULAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2019). Pembelajaran Matematika Menyenangkan dengan Aplikasi Kuis Online Quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sosiomadika, 2(1), 1–7.
Amir, Z., & Risnawati. (2013). Psikologi Pembelajaran Matematika (1st ed.). Aswaja Pressindo.
Belladina, N., Handayanto, A., & Shodiqin, A. (2019). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Quantum Berbantuan Geogebra terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Trigonometri Kelas X. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 323–331.
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur (1st ed.). Penerbit Laksita Indonesia.
Dj Wares, F. R., Djakaria, I., Usman, K., & Bito, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif‘ Terhadap Hasil Belajar‘Siswa Pada Materi‘Bola Kelas IX di SMP Negeri 2 Gorontalo. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 211–225.
Effendi, M. M., Cahyono, H., & Ummah, S. K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Kodular Untuk Mengidentifikasi Respon Siswa. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(1), 52–65.
Hidayat, M. T., & Zakaria, Y. (2023). Pembuatan Aplikasi Matematika Berbasis Android Menggunakan Kodular Sebagai Alat Bantu Pembelajaran. ICT Learning, 7(1), 1–9.
Ikmawati, Yusuf, M., Putra, F. P., Ramadhan, D. R., & Ramadhani, N. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Paket C. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 094–102.
Karimah, N. I., Setiyani, S., & Raharjo, J. F. (2021). Pemanfaatan Menara Hanoi Sebagai Media Pembelajaran Pola Bilangan Di Smp 11 Kota Cirebon. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 396–401.
Kartika, Y., Husnidar, H., & Hayati, R. (2023). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Digital berbasis Android Menggunakan Kodular pada Mata Kuliah Geometri. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 103–109.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (1st ed.). Kencana.
Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745.
Pasambo, E., & Radia, E. H. (2022). Meta Analisis Pengaruh Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3257–3267.
Retnawati, H. (2016). Analisis Instrumen Kuantitatif Instrumen Penelitian (Pertama). Parama Publishing.
Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–873.
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In A. Mujahidin (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling 53(9).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Research & Development (R&D) (19th ed.). CV. Alfabeta.
Sulasteri, S., Rusydi Rasyid, M., & Akhyar, M. (2018). the Effect of the Use of Learning Media Based on Presentation Media on Interest and Mathematical Learning Outcomes. MaPan, 6(2), 221–236.
Syam, B. M., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Construct 2 pada Materi Relasi dan Fungsi untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(2), 114. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/498
Syamsiani. (2022). Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Penyalur Pesan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(3), 35–44.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. L. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Journal of School Psychology, 14(1), 75.
Tohir, M., As’ari, A. R., Anam, A. C., & Taufiq, I. (2022). MATEMATIKA SMP/MTs KELAS VIII (Drajat (ed.)). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.