SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: BAGAIMANA PEMBELAJARAN GEOMETRI 3D DENGAN BERBANTUAN GEOGEBRA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Abdussakir. (2012). Pembelajaran geometri sesuai teori van hiele. Madrasah, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.18860/jt.v2i1.1832
Amaliah, R., Rahmawati, & Nasir, A. M. (2020). Pengaruh pembelajaran berbasis information and communication technology (ict) terhadap hasil belajar geometri peserta didik kelas x smk kebangsaan indonesia maros. Equals, 3(2), 101–112. https://doi.org/10.46918/equals.v3i2.758
Anhar, A., Brata, A. S., & Lestari, W. (2023). Penguatan pemahaman matematika dengan media Geogebra classroom materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas 8 smp/mts. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1251–1258. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1683
Arbain, Sirad, L. O., & Halidin. (2024). Efektivitas video pembelajaran berbasis Geogebra dalam kelas virtual terhadap pemahaman konsep bangun ruang. Mathema Journal, 6(1), 11–21. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.2875
Ayu, G., Kriswandari, Robithoh, S., & Deswita, Y. (2024). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe talking stick berbantuan Geogebra. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 737–749. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2533
Elvi, M., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan software Geogebra pada materi transformasi geometri. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 80–91. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.80-91
Fajriadi, D., Priyadi, R., & Rahayu, D. V. (2022). Pengembangan media pembelajaran Geogebra book materi dimensi tiga. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(2), 453–466. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i2.8813
Fifi, N., MS.Kons, F., & Desyandri. (2022). Analisis media pembelajaran interaktif berbasis aplikasi Geogebra dalam menghitung volume balok di sekolah dasar. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 12(2), 94–101. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2537
Gusteti, M. U., Rahmalina, W., Azmi, K., Wulandari, S., Mulyati, A., Hayati, R., Wahyuni, Z., Alfath, M. R., & Azizah, N. (2023). Geogebra : transformasi teknologi yang menyulap pembelajaran matematika menjadi lebih menyenangkan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 3695–3704. https://doi.org/http://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4. 1866
Hurit, R. U., Kumanireng, L. B., Weking, A. N., & Watomakin, D. B. (2024). Penggunaan aplikasi Geogebra untuk meningkatkan motivasi pelajaran matematika pada materi geometri di smp satu atap riangpuho. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(2), 1693–1698. https://doi.org/http://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.2672
Jaya, M. R., & Fitriani, N. (2022). Analisis minat belajar siswa smp di cimahi pada materi bangun ruang sisi datar dengan berbantuan software Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 869–876. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.869-876
Kadaryanti, A. E. (2023). Meningkatkan hasil belajar serta motivasi siswa kelas VIII smp pada materi kubus melalui pembelajaran berbantuan aplikasi Geogebra. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4952–4960. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2384
Kusria, J., & Deswita, H. (2020). Pengembangan video pembelajaran matematika dengan menggunakan aplikasi Geogebra pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII sekolah menengah pertama. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 203–211. https://doi.org/10.30606/absis.v3i1.497
Maulana, M., Zamnah, L. N., & Amam, A. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis aplikasi Geogebra pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan kemampuan pemahaman matematis siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(2), 1–8. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i2.5203
Muliyana, D., Roza, Y., & Armis. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan powerpoint-Geogebra materi bangun ruang sisi datar kelas VIII smp/mts. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 459–471. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1038
Muzdalipah, I., Rustina, R., Patmawati, H., & Yulianto, E. (2023). Pengembangan bahan ajar dengan menggunakan Geogebra pada materi segitiga dan segiempat. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1), 181–195. https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.10090
Nasrulloh, M., & Sugandi, A. I. (2023). Pengembangan bahan ajar materi geometri dimensi tiga dengan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(4), 1747–1756. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.18051
Nasution, A. U., Syahputra, E., & Ahyaningsih, F. (2022). Pengembangan model pembelajaran berbasis matematika realistik berbantuan Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa smp al azhar medan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1623–1635. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1379
Ningsih, D. Y., Harun, L., & Nursyahidah, F. (2024). Desain pembelajaran jarak titik ke garis menggunakan pendekatan realistic mathematics education (rme) berbantuan Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 15(1), 114–124. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v15i1.18633
Nur’aini, K. D., Untayana, J. R., & Putri, N. N. C. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra. Musamus Journal of Mathematics Education, 4(1), 54–62. https://doi.org/10.35724/mjme.v4i1.4020
Pasaribu, R. L., & Suratman, D. (2022). Kemampuan spasial mahasiswa menggunakan Geogebra pada irisan kerucut. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(6), 1551–1558. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.1551-1558
Raharjo, S., Purmanna, A., Purbaningrum, K. A., Ramayanti, R., & Muhti, D. M. C. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis software Geogebra pada kubus untuk mengembangkan kemampuan spasial siswa. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 57–68. https://doi.org/10.36815/majamath.v6i1.2560
Ramadhan, S., Alzaber, Dahlia, A., & Qudsi, R. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model treffinger berbantuan aplikasi Geogebra pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VII smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1083–1092. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1083-1092
Ribunu, A., Majid, Mohidin, A. D., & Oroh, F. A. (2023). Pengaruh media pembelajaran Geogebra terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII smp negeri 2 suwawa. INNOVATIVE: Journal Social Science ResearchJournal Of Social Science …, 3(5), 1866–1873. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5054
Rohmatunnisa, Z. J., Anita, I. W., Rohaeti, E. E., & Sariningsih, R. (2022). Analisis motivasi belajar siswa smp kelas VIII pada materi bangun ruang sisi datar berbantuan Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 1061–1070. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.1061-1070
Rokhmawati, L. N., & Rahayu, D. V. (2023). Mengoptimalkan pemahaman konsep mtematis berbantuan video pembelajaran berbasis Geogebra pada materi jarak dalam ruang. JARME (Journal of Authentic Research on Mathematics Education), 5(1), 66–76. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jarme v5i1.6502
Salsabila, D. N., & Safira, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran menggunakan macromedia flash 8 berbantu Geogebra 3D grapics pada materi bangun ruang sisi datar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 5(2), 144–164. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i2.11465
Shaffitri, N., Siagian, T. A., Yensy, N. A., Utari, T., & Agustinsa, R. (2022). Efektivitas penggunaan lkpd discovery learning berbantuan Geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 351–361. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.351-361
Sirad, L. O., & Arbain. (2021). Pengembangan videopPembelajaran berbasis Geogebra materi bangun ruang sisi datar pada pembelajaran virtual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2436–2445. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4198
Suciati, I., Mailili, W. H., & Hajerina. (2022). Implementasi Geogebra terhadap kemampuan matematis peserta didik dalam pembelajaran: a systematic literature review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 7(1), 27–42. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5972
Tilari, A. G., Firmansyah, F. A., & Cipta, E. S. (2024). Pengaruh model project-based learning berbantuan Geogebra terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar di madrasah ibtidaiyah. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 7(2), 385–396. https://doi.org/10.22460/jpmi.v7i2.18105
Yuliani, R. E., Heru, & Sari, E. L. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Geogebra berbasis tpack terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun ruang di sma negeri 19 palembang. Publikasi Penelitian Terapan Dan Kebijakan, 4(1), 12–17. https://doi.org/10.46774/pptk.v4i1.337