PENGARUH MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP KEMAMPUAN HOTS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Abqari, F. T., Bambang Irawan, E., & Sa’dijah, C. (2018). Media Permainan Kartu Domino
untuk Meningkatkan Keterampilan Berhitung Konversi Pecahan Desimal Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori dan Pengembangan, 3(9), 1190-1199.
Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas dan Relibilitas Tingkat
Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179188.
Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran. Jurnal Ektaka, 2(1), 3440.
Andriani, R., Dewi, K., Qurotul A’eni, E., & Wijaya, T. T. (2023). The effect of project-based
learning model to improve the ability of HOTS on science in elementary school. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 16(1), 45283. https://doi.org/10.21831/jjpip.vxxxx.x00000
Anugerah Rahmadhani, V., Quro, U., & Muhammadiyah DrHamka, U. (2022). Pengaruh
Media Audio Visual Animaker Terhadap Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4). https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2967
Arum Aprilianti, D., & Irma Setianingsih, A. (2023). Penagaruh Media Pembelaajaran Krtu
Domino Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Tsaqifa Nusantara, 2(2), 139-151. Aspini (2020). Implementasi Pembelajaran PBL Berbantuan Media Kartu Soal Untuk
Meningkatkan Kemampuan HOTS Pada Siswa Kelas VI SD. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 8 No. (1) pp. 72-79
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2013). Research Methods in Education. Routledge.
https://doi.org/10.4324/9780203720967
Dinda, A., Nissa, A., & Hidayanti, K. (2023). Analisis Asesmen HOTS (Higher Order
Thingking Skill) Dalam Pembelajaran Matematika. Media Informasi Penelitian Kabupaten Semarang, 5(1). https://doi.org/10.55606/sinov.v5i1.603
Dodiet Aditya Setyawan, I. (2021). Petunjuk Praktikum Uji Normalitas & Homogenitas Data
Dengan SPSS. Tahta Media
Fauziah Siregar, N., Yanty, E., & Nasution, P. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional Tadris
(Pendidikan) Matematika Pembelajaran Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills. http://prosiding.iaincurup.ac.id/index.php/cacm
Saraswati P & Agustika G. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam
Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4(2) 257-269.
Hanafi, M., Wulandari, K. N., & Mah, N. ’. (2019). Analisis Kemaampuan Siswa Dalam
Menyelesaikan Soal High Order Thinking Ditinjau Dari Kemampuan Matematis Siswa. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/cpu/index.
Handayani N, D., Sugiarti & Rahmadina, P. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika
Menggunakan Kadoma (Kartu Domino Matematika) Pada Peserta Didik Kelas IV. Jurnal Pendidikan Modern. 8(3). 128 – 134.
Khairunnisa, K., Sari, F. F., Anggelena, M., Agustina, D., & Nursa’adah, E. (2022).
Penggunaan Effect Size Sebagai Mediasi dalam Koreksi Efek Suatu Penelitian. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 5(2), 138–151.
https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4802 Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Disovery Learning Terhadap
Hasil Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84.
https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p84-92
Kurnia Suryapuspitarini, B. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order
Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ Kusuma, E. D. (2021). Pengembangan Media Crossword Puzzle Berbasis HOTS pada
Pembelajaran Tematik. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(1), 257–270.
https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i1.223 Mariani, R., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2021). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Menurut Teori Anderson dan Krathwohl Pada Siswa SMP Kelas IX. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1). http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta
Nurfitriyanti, M., & Lestari, W. (2016). Penggunaan Alat Peraga Kartu Domino Terhadap
Hasil Belajar Matematika. JKPM, 1(2), 247–256.
Panda, F, M & Djarwo, F. (2021). Model Team Game Tournament (TGT) Bebantuan Media
Kartu Soal Berbasisi HOTS Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia. 9(2), 2021. http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIPI
Ratri, W. A., & Azhar, E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe
HOTS Menggunakan Prosedure Newman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 1544715456.
Musrikah. (2018). High Order Thingking Skill (HOTS) Untuk Anak Sekolah Dalam
Pembelajaran Matematika. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 2(2), 340-360. (http://www.fisikaunesa.net/ojs/index.php/JPFA/article/view/63/55
Usmadi. (2020). Pengujian Prasyarat Analisis Uji Homogenitas dan Uji Normalitas. Inovasi
Pendidikan, 7(1), 50–62.
Yulianto, A., Sufiati, N., & Rokhima, N. (2022). Penggunaan Media Flip Chart terhadap
Minat Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD Inpres 18 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda, 4(1), 41 – 46.