PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBABIS PERMAINAN DIGITAL ”BARET” BERDASARKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERBANTUAN UNITY
Abstract
Effective education that supports future development is the type of education that focuses on developing students' abilities. Developing digital game-based learning media can be an innovative choice to expand digital media and add variety to the learning process, especially in mathematics education. This digital media development uses the Unity platform and follows the Research and Development (R&D) method with the 4D model. The research results show that the development of the "baret" digital game media is very practical, as evidenced by the assessments from media and content experts, and the majority of students also find this media very practical to use in the teaching and learning process.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Abdullah, F. S., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika trigo fun berbasis game edukasi menggunakan adobe animate pada materi trigonometri. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(3), 434-443.
Andzani, A. B., Rahmawati, E., & Susilo, T. A. B. (2022). Pengembangan Media Pamitung (Papan Miniatur Hitung) Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 994-1005.
Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran. Pesona Dasar: Jurnal Pendidikan Dasar dan Humaniora, 6(2).
Damanik, B. E. (2019). Pengaruh fasilitas dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46.
Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2019). Motivasi belajar siswa sma dalam pembelajaran matematika dengan model brain based learning. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2).
Effendy, F. (2020). Pengaruh perceived of benefit terhadap niat untuk menggunakan layanan dompet digital di kalangan milenial. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 15(2), 44-54.
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93-97.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Pitriati, P. (2019). Pembelajaran matematika menggunakan model learning cycle 5e untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP 30 Padang. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 235-244.
Ramadhan, K., Astuti, L. W., & Verano, D. A. (2015). Game edukasi tebak gambar bendera negara menggunakan metode Linear Congruential Generator (LCG) berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 6(2).
Rusniah, R. (2017). Meningkatkan perkembangan bahasa indonesia anak usia dini melalui penggunaan metode bercerita pada kelompok A di TK Malahayati Neuhen tahun pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 114-130.
Salmina, M., & Nisa, S. K. (2018). Kemampuan penalaran matematis siswa berdasarkan gender pada materi geometri. Numeracy, 5(1), 41-48.
Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis articulate storyline tematik terhadap minat belajar siswa kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122-130.
Shalikhah, N. D. (2017). Media pembelajaran interaktif lectora inspire sebagai inovasi pembelajaran. Warta Lpm, 20(1), 9-16.
Sugiyono, F. X. (2017). Neraca Pembayaran: Konsep, Metodologi dan Penerapan (Vol. 4). Pusat Pendidikan Dan Studi Kebanksentralan (PPSK) Bank Indonesia.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.
Thiagarajan, S., S. Semmel, D., & I. Semmel, M. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. In Indiana University (Issue 1). https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
Tukaryanto, Putriaji Hendikawati, Sugeng Nugroho. 2018. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik dan Percaya Diri Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Yanto, D. T. P. (2019). Praktikalitas media pembelajaran interaktif pada proses pembelajaran rangkaian listrik. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 19(1), 75-82.