PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MODEL PBL BERBASIS HOTS PADA MATERI MENAFSIRKAN DATA KELAS V SD
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Anggraeni, D. M., & Sole, F. B. (2018). E-Learning Moodle, Media Pembelajaran Fisika Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 1(2), 57. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v1i2.101
Azwar, Saifuddin. (2015). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 90–97. https://doi.org/https://doi.org/10.36555/educare.v17i2.247
Fikri, H., & Madona, A. S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Materi Kebugaran Jasmani (2018th ed., Issue Oktober). Penerbit Samudra Biru.
Fitriyana, N., & Purwasi, L. A. (2024). Development of Discovery Learning-Based Modules for PGSD Students at PGRI Silampari University. 29–42. https://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v9i1.5096
Handayani, H. R., & Muhammadi. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Melatih Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendiidkan Tambusai, 4, 1494–1499. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.615
Hasanah, U., Safitri, I., Rukiah, R., & Nasution, M. (2021). Menganalisis Perkembangan Media Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Berbasis Game. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 204–211. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.125
Helmon, A. (2018). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD Arnoldus Helmon. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 2(10), 38–52. https://doi.org/https://doi.org/10.36928/jipd.v2i1.254
Ismafitri, R., Alfan, M., & Kusumaningrum, S. R. (2022). “Karakteristik HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar.” Jurnal Riset Intervensi Pendidikan, 4(1), 49–55. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jrip/article/view/437
La’ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.463-474.2021
Mokalu, V. R., Panjaitan, J. K., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Hubungan Teori Belajar dan Teknologi Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475–1486. https://doi.org/ 10.31004/edukatif.v4i1.2192
Muliastrini, K. E. (2020). New Literacy Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Abad 21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3114
Prayitno, A. P., Suciati, & Titikusumawati, E. (2018). Enhancing Students ’ Higher Order Thinking Skills in Science Through. Journal of Baltic Science Education, 17(HIGHER ORDER THINKING SKILLS), 1046–1055. https://eric.ed.gov/?q=Enhancing+Students%27+Higher+Order+ Thinking+Skills+in+Science+through+INSTAD+Strategy&id=EJ1315669
Purwanto, W. R., Sukestiyarno, Y., & Junaedi, I. (2019). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Persepektif Gender. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 895–900.
Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Inventa, 2(1), 62–71. https://doi.org/ 10.36456/inventa.2.1.a1627
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tangerang:Tira Smart
Sartika, S. B. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112-119
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R & D. CV. Alfabeta.
Sundayana, Rostina. (2018). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Allfabeta.
Suratno, Kamid, & Sinabang, Y. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS
Suwaib, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T. (2020). Penerapan Model Problem-Based Learning Berbantuan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Kelas Iv Sd Negeri 002 Sebatik Utara Kabupaten Nunukan. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(2), 163–173. https://doi.org/ 10.26740/jrpd.v6n2.p163-173
Swara, G. Y. (2021). Pemanfaatan Visualisasi 3D Pada Multimedia Interaktif Dalam Pengenalan Penyakit Demam Berdarah. Jurnal Teknoif Teknik Informatika Institut Teknologi Padang, 8(1), 19–24. https://doi.org/10.21063/jtif.2020.v8.1.19-24
Valen, A., & Satria, T. G. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan Soal PAS (Penilaian Akhir Semester) Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2199–2208. https://jbasic.org/index.php/ basicedu/article/view/1149
Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892
Wedayanti, L. A., & Wiarta, I. W. (2022). Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan Matematika Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 113–122. https://doi.org/ 10.23887/jjpgsd.v10i1.46320
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penilaian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D. PT. Cahya Prima Sentosa.