ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN ALJABAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Diakses dari http://opac.perpusnas.go.id/uploaded_files/sampul_koleksi/original/Monograf/217760.jpg.
Astiati, S.D., Ilham. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Materi Aljabar Siswa Kelas VII MA Al-Mutmainnah Desa Punti Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME). 8(4), 2844-2850. Diakses dari file:///C:/Users/HP/Downloads/4037-13537-1-PB.pdf.
Berjamai, G. S., Davidi, E. I. N. (2020). Kajian Faktor-Faktor Penghambat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar. 1(1), 44-49. Diakses dari file:///C:/Users/HP/Downloads/1856-Article%20Text-5248-1-10-20230428.pdf.
Chusna, F.A. (2016). Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pangenrejo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 35, 3292-3299.
Fadya, S., I., Ruli, R., M. (2022). Kemampuan Prestasi Belajar Matematis Siswa SMP Materi Bentuk Aljabar. Sesiomadika. 137-147. Diakses dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika.
Fuadin, A., dkk. (2023). Peran Aljabar di Kalangan Pedagang. Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa. 2(1), 87-97.
Hamdani, M.F., dkk. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Bentuk Aljabar Kelas VII di SMP Pataruman. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 6(2), 599-606.
Hidayat, D.F. (2018). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Menulis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika terhadap Adversity Quotient dan Kemandirian Belajar. Skripsi Universitas Muhammadiyah Malang.
Hidayat, W., Sari V.T.A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP. Jurnal Elemen. 5(2), 242-252.
Hidayanti, E.N., Dkk. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah-Langkah Polya pada Siswa Kelas III SD Negeri Muntung Temanggung. Praniti Jurnal Pendidikan, Bahasa, & Sastra. 2(1), 36-42.
Kurniawati, K.L., Dkk. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Operasi Aljabar Kelas VIII di SMP Islam Hasanuddin Kesamben Blitar. Seminar Nasional FST 2018. 1, 624-632. Diakses dari file:///C:/Users/HP/Downloads/3593870861.pdf.
Nugraha, N., dkk. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar pada Siswa SMP Kelas VII. Journal on Education. 1(2), 323-324. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/268404863.pdf.
Rohmah, E.M. (2022). Peran Pendidikan Matematika di Era Digitalisasi Society 5.0. Diakses dari https://www.kompasiana.com/erlina44904/63aef0024addee2ed5536812/peran-pendidikan-matematika-di-era-digitalisasi-society-5-0.
Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Argareta, M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1), 29–42.
Sukmawati, A. (2015). Berpikir Aljabar dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Math Didactic:Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (2), 88-93. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/295416358.pdf.
Suriati, A., Dkk. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas X SMA Islam Kepanjen. RAINSTEK (Jurnal Terapan Sains & Teknologi). 3 (3), 176-185. Diakses dari file:///C:/Users/HP/Downloads/pratiwi,+2.+Sept+Arista+susiati.pdf.