ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA CANDI TIKUS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Agusta, E. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 61–75.
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83–95. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.471
Desyana, & Sari, D. N. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(2), 97–107.
Faizah, H., & Sugandi, E. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa SMP Pada Soal Cerita Bentuk Aljabar Dalam Pembelajaran Daring. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 291–304.
Heryan, U. (2018). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik berbasis Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94–106.
Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran. AdMathEdu | Vol . 7 No . 1 | Juni 2017. AdMathEdu, 7(1), 9–18.
Idris, I., & Kristina Silalahi, D. (2016). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita pada Kelas VII A SMP UTY. Jurnal EduMatSains, 1(1), 73–82.
Ikhtiar, M. A., Sudirman, S., & Hidayanto, E. (2021). Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 14. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8398
Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. PLUSMINUS: Jurnal …, 1(1), 183–196.
Maulyda, M. A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (Pertama, Issue January). CV. IRDH.
Melisa, M., Widada, W., & Zamzaili. (2019). Pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika Bengkulu untuk meningkatkan kognisi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 103–110.
Muslimahayati, M. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik bernuansa Etnomatematika (PMRE). Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 5(1), 22–40. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v5i1.3773
Ningsih, A. K., Kariadinata, R., & Nuraida, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. LENTERA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 20–35. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/jpl/article/view/1368/673
Noviana, F., Mulqiyono, S., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kabupaten Bandung. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 583. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p583-590
Prayogo, Faizah, H., & Hadi, S. (2023). Analysis of Climber Students’ Mathematics Communication Skills in Solving Algebraic Problems. Buana Pendidikan, 19(1), 133–141.
Putri, L. I., Sulistyowati, E., & Wijayama, B. (2022). Etnomatematika dan Pedagogi Guru SD/MI (Widodo (ed.)). Cahya Ghani Recovery.
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi, 2(1), 1–10.
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Ethnomathematics: Exploration in Javanese culture. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012032
Rohid, N., Suryaman, & Rusmawati, R. D. (2019). Students’ Mathematical Communication Skills (MCS) in Solving Mathematics Problems: A Case in Indonesian Context. Anatolian Journal of Education, 4(2), 19–30.
Safaria, S. A., & Lestari, T. K. (2022). Kemampuan komunikasi matematis siswa : studi dengan konteks kearifan lokal A. Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidkan Matematika, 13(3), 354–362.
Siregar, S. U., Harahap, A., Milfayetti, S., & Hajar, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Self-Efficacy Matematis Siswa melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 151. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.207
Syafina, V., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLDV. Maju, 7(2), 118–125.
Tampubolon, J., Atiqah, N., & Panjaitan, U. I. (2019). Pentingnya Konsep Dasar Matematika pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat. Program Studi Matematika Universitas Negeri Medan, 2(3), 1–9. https://osf.io/zd8n7/download
Yuliyanti, R. S., Masykur, R., & Suri, I. R. A. (2021). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Dampak Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Bernuansa Islami. Journal of Mathematics Education and Science, 4(1), 23–29. https://doi.org/10.32665/james.v4i1.172
Yusmanita, S., Ikhsan, M., & Zubainur, C. M. (2018). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian. Jurnal Elemen, 4(1), 93. https://doi.org/10.29408/jel.v4i1.469