Analisis kemampuan multiple representasi siswa dalam memecahkan masalah peluang

Kuni Arifah
Nonik Indrawatiningsih
Ani Afifah


DOI: http://dx.doi.org/10.29100/jp2m.v6i2.1749

Abstract


Dalam memecahkan masalah setiap siswa mampu menggunakan beragam representasi (multiple representasi). Penggunaan multiple representasi salah satunya dapat diterapkan pada materi peluang subbab kaidah pencacahan terdapat aturan perkalian dimana pada bentuk aturan pengisian tempat yang tersedia (filling slot) mampu memunculkan kemampuan multiple representasi siswa namun pada kenyataannya siswa hanya menggunakan satu jenis representasi pada penyelesaiannya berdasarkan cara yang mereka pahami saja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan multiple representasi siswa dalam memecahkan masalah peluang. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI TPM (Teknik Pemesinan) berjumlah 3 siswa dengan karakteristik siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data menggunakan tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek berkemampuan matematika tinggi mampu memunculkan kemampuan multiple representasi visual dan non-visual tanpa mengalami kesulitan pada dua dari tiga soal yang dikerjakan. Subjek berkemampuan matematika sedang juga mampu memunculkan kemampuan multiple representasi visual dan non-visual pada dua dari tiga soal yang diberikan namun pada representasi non-visual subjek ini masih mengalami kesulitan pada proses pehitungannya. Sedangkan subjek berkemampuan matematika rendah belum mampu memunculkan kemampuan multiple representasi visual dan non-visual pada soal yang diberikan. Subjek dengan kemampuan hanya menggunakan representasi non-visual bentuk simbol (angka), namun pada proses perhitungannya masih terdapat kesalahan.

Keywords


multiple representasi; pemecahan masalah; peluang

Full Text:

PDF

References


Ainsworth, S. (2010). The Functions of Multiple Representastion. Computers & Education, 33(19), 131–152. Retrieved from https://www.academia.edu/download/50553428/ainsworth.pdf

Apriani, E., Djadir, & Asdar. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika dan Perbedaan Gender. Issues in Mathematics Education, 1(1), 7–11. Retrieved from https://doi.org/10.35580/imed), diakses 19 April 2020

Darmastini, D. O., & Rosyidi, A. H. (2014). Multi Representasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Terbuka Matematika ditinjau dari Perbedaan Gender. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(3), 56–63.

Dimas, A., Suparmi, A., & Nugraha, D. A. S. (2018). Analysis Multiple Representation Skill Of High School Students on Simple Harmonic Motion. AIP Conference Procedings, 2(3), 01–06. Retrieved from https://doi.org/10.1063/1.5054535

Gagatsit, & Elia, I. (2005). A Review Of Some Recent Studies On The Role Of Representations In Mathematics Education In Cyprus And Greece. Proceedings 4th Congress European Society for Research in Mathematics Education, 102–111.

Hudiono, B. (2010). Peran Pembelajaran Diskursus Multi Representasi terhadap Pengembangan Kemampuan Matematika dan Daya Representasi pada Siswa SLTP. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/218546-peran-pembelajaran-diskurs-multi-repre.

Hutagaol, K. (n.d.). Multirepresentasi dalam Pembelajaran Matematika (pp. 132–128). pp. 132–128. Retrieved from https://adoc.tips/multi-representasi-dalam-pembelajaran-matematika

Hwang. (2007). Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Educational Technology & Society, 10(2), 191–121

Amit, Miriam. Michael, N. Fried. 2005. Multiple Representation In 8th Grade Algebra Lessons: Are Learnes Really Getting It?. Ben Gurion University of the NEGEv. 2005. In Chick, H.L. & Vincent, J. L., (Eds). Proceedings of the 29th Conference of the International Group for the Psychollogy of Mathematics Education, 2 (1): 57-64. Melbourne: PME

Irawati, Sri. 2018. Penerapan Pembelajaran Multirepresentasi Berbasis Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Program Linier. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 2 (2): 211-223.

Kartini. 2009. Peranan Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di FMIPA UNY. 5 Desember 2009. (Online), (https://eprints.uny.ac.id/7036/) diakses 19 April 2020.

Kusumawati, Evita. Dwijayanti, Ida. Rasiman. 2019. Analisis Kemampuan Multiple Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VII berdasarkan Teori Multiple Intelligences. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (4th SENATIK)

Lestari, K.E. Yudhanegara, M.R. Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT. Refika Aditama.

Moreno, Roxana. 2004. Do Multiple Representations Need Explanations? The Role of Verbal Guidance and Individual Differences in Multimedia Mathematics Learning. Journal of Educational Psychology, 96 (3): 492–503.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM. (Online) (https://semawur.com/GdOIZHxYJ3N) diakses 19 Maret 2020

Netriwati. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (2): 181-190.

Netriwati. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (2): 181-190.

Yulia, Nanda., & Surya, Edy. 2017. Kemampuan Representasi Matematis Sisiwa pada Pembelejaran MAtematika. Medan: State University Medan.

Widakdo, W. A. 2017. Mathematical Representation Ability by Using Project Based Learning on the Topic of Statistics. Journal of Physics: Conference Series, 895 (1): 12-55.


Article Metrics :

Abstract view : 188 times
PDF View : 80 times