Pengembangan Game The Legend of Gayatri Sebagai Sarana Pengenalan Kebudayaan Daerah Tulungagung Menggunakan Metode GDLC

Ivan Octariska Istazd Prasetya
Yayak Kartika Sari

Abstract


Kesenian dan kebudayaan tidak hanya sekadar aspek tambahan, melainkan merupakan bagian integral dari proses kehidupan manusia dalam suatu lingkungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan game the legend of gayatri sebagai sarana pengenalan kebudayaan Daerah Tulungagung Menggunakan Metode GDLC. Pengembangan video game sebagai media pengenalan kebudayaan Tulungagung merupakan langkah inovatif yang dapat memperluas wawasan masyarakat, baik lokal maupun global, tentang kekayaan budaya daerah tersebut. Video game memiliki kemampuan unik untuk menggabungkan hiburan dengan pendidikan, sehingga mampu menarik minat berbagai kalangan usia. Dalam konteks ini, video game yang dirancang dengan baik dapat menyajikan berbagai aspek budaya Tulungagung, seperti seni tradisional, tarian, musik, cerita rakyat, hingga tradisi kuliner, dalam format yang menarik dan interaktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi dan tradisi dapat bersinergi dengan harmonis. Inovasi ini tidak hanya memperkuat identitas budaya lokal tetapi juga menempatkan Tulungagung dalam peta dunia sebagai daerah yang kaya akan warisan budaya dan terbuka terhadap kemajuan teknologi. Dengan terus mendukung dan mengembangkan inisiatif semacam ini, kita dapat memastikan bahwa kebudayaan Tulungagung tetap hidup dan relevan di era digital, serta dikenal dan dihargai oleh masyarakat global.

Article Metrics :

References


Sumarto. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya “Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Keseninan dan Teknologi” (Vol. 1). Institut Agama Islam Negeri Curup: Jurnal Literasiologi.

Mahardhika, A. B. (2021). Sejarah Perkembangan Kesenian Jaranan Di Tulungagung Padatahun 1995 Hingga 2020 M. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan.

Ariyo Bimo Wibowo, E. N. (2022). Perancangan Role Playing Game (RPG) Menggunakan RPG Maker MV (Vol. 3). Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang: Jurnal Sains, Teknologi dan Masyarakat.

April Zahmi, M. A. (2024). Penerapan Penerapan Metode Gdlc (Game Development Life Cycle) Dalam Membangun Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Alat Rumah Untuk Anak Usia Dini. Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat, Universitas Nahdatul Ulama.

Dewi Tresnawati, A. A. (2020). Rancang Bangun Role Playing Game Budaya dan Pariwisata Garut. Sekolah Tinggi Teknologi Garut: Jurnal Algoritma.

Koundouraki, E. (2020). Two DImensional Survival Game In Unity. Hellenic Mediterranean University, The Department of Electrical & Computer Engineering.

Ika Devi Perwitasari, C. A. (2023). Development of Hit The Mouse Games Using Javascript (Vol. 1). Sustainability: Theory,PracticeandPolicy: Departemenof Computer System, Facultyof Science and Technology.