Sistem Rekomendasi Wisata Dan Pendukungnya Menggunakan Metode Waterfall Di Kabupaten Tulungangung

Bagas Reza Jaka Saputra
Yayak Kartika Sari

Abstract


Abstrak— Perkembangan teknologi dalam kehidupan manusia telah dimulai dari proses sederhana dalam kehidupan sehari-hari hingga mencapai tingkat pemenuhan kepuasan sebagai individu dan makhluk sosial. Berdasarkan masalah yang terjadi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung dengan mengidentikasi beberapa aspek pada penelitian ini yaitu berupa belum ada aplikasi yang dapat merekomendasikan destinasi wisata di Kabupaten Tulungagung berdasarkan fasilitas, aksesibilitas, biaya, jam operasional waktu buka dan tutup. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem rekomendasi beserta pendukungnya yang mencakup aspek keamanan, kesehatan, dan panduan digital, menerapkan metode Waterfall dalam pengembangan sistem rekomendasi dan pendukungnya serta menilai kelayakan sistem rekomendasi wisata dan pendukungnya di Kabupaten Tulungagung berdasarkan penilaian dari wisatawan dan dinas terkait. Sebuah metode yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian dalam metode yang menggunakan blacbox testing berhasil dalam menguji semua fitur yang ada di sistem rekomendasi ini dan hasil penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sektor wisata di Kabupaten Tulungagung melalui sistem rekomendasi yang dikembangkan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah peningkatan sistem dengan menambahkan fitur-fitur tambahan seperti ulasan dan rating dari pengguna dan notifikasi acara atau promo harga tiket dari tempat wisata.


Article Metrics :

References


Danuri, M. (2019). Development and transformation of digital technology. Infokam, XV(II), 116–123.

Githa, D. P., & Putri, D. P. S. (2019). Rancang Bangun Sistem Rekomendasi Destinasi Wisata Di Bali. SINTECH (Science and Information Technology) Journal, 2(2), 81–90. Diambil dari http://jurnal.stiki-indonesia.ac.id/index.php/sintechjournal.

Suryawan, M. A., Musadat, F., & Hamid, D. A. (2023). Sistem Informasi Geografis Tempat Wisata di Pulau Wangi-Wangi Berbasis Android. Jurnal Informatika, 12(1), 21–30. https://doi.org/10.55340/jiu.v12i1.1414.

Muarif, A. S., & Winarno, E. (2022). Sistem Rekomendasi Tempat Parkir di Kota Lama Semarang Menggunakan Collaborative Filtering. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 906. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i2.2066.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, (November), 1–5.

Nugroho, M. R. A., Zaidiah, A., & Afrizal, S. (2021). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Kedai Kopi Pujangga Dengan Metode Waterfall Berbasis Web. Senamika, (September), 371–382. Diambil dari https://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/view/1570%0Ahttps://conference.upnvj.ac.id/index.php/senamika/article/download/1570/1360.

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2019). Analisis Resiko Pada Pengembangan Perangkat Lunak Yang Menggunakan Metode Waterfall dan Prototyping. Program Magister Teknik Informatika, Universitas Amikom Yogyakarta, 3(1), 10–27. Diambil dari https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Ikhsan, M., Helmina, Akbar, Z., Dani, R., & Ediansa, O. (2023). Sosialisasi dan Pelatihan Framework Codeigniter Untuk Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jambi. ASPIRASI : Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat, 2(1), 70–76. https://doi.org/10.61132/aspirasi.v2i1.138.

Putra, I. S., Ferdinandus, F., & Bayu, M. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Pernikahan Dengan Metode Saw Berbasis Web. CAHAYAtech, 8(2), 136. https://doi.org/10.47047/ct.v8i2.50.

Noviantoro, A., Silviana, A. B., Fitriani, R. R., & Permatasari, H. P. (2022). Rancangan Dan Implementasi Aplikasi Sewa Lapangan Badminton Wilayah Depok Berbasis Web. Jurnal Teknik dan Science, 1(2), 88–103. https://doi.org/10.56127/jts.v1i2.108.

Kurniawan, R., & Budi, M. (2022). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Manajemen Penelitian Dan PengabdianKepada Masyarakat Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal sistem informasi, 5(1), 2–7.

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208. https://doi.org/10.51920/jd.v10i2.171.

Simanjuntak, M., Pasaribu, T., & Rahmadilla, S. (2019). Implementasi Algoritma Merkle Hellman untuk Keamanan Database. MEANS (Media Informasi Analisa dan Sistem), 4(1), 46–50. https://doi.org/10.54367/means.v4i1.327.


slot gacor slot