THE EFFECT OF PROBLEM-BASED LEARNING MODEL IN INFORMATICS SUBJECTS ON THE CREATIVITY OF STUDENTS IN CLASS X SMK NEGERI 2 TULUNGAGUNG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics :
References
Agustina, M., Tinggi, S., Islam, A., Teungku, N., & Meulaboh, D. (2018). Problem Base Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kreatif Siswa. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2) 164–173 . https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/173
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Astuti, B., & Pratama, A. I. (2020). Hubungan antara efikasi diri dengan keterampilan komunikasi siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(2), 147–155. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i2.33757
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Ayu, I. G., Agustiana, T., & Ibrahim, M. (2020). Efektivitas Model OPPEMEI untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Journal of Education Technology, 4(2), 150–160.
Cahyani, A. E. M., Mayasari, T., & Sasono, M. (2020). Efektivitas E-Modul Project Based Learning Berintegrasi STEM Terhadap Kreativitas Siswa SMK. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 15. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i1.1774
Daulay, R. (2021). Pengaruh Komunikasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pegawai Kantor Kec. Matraman Jakarta Timur). http://repository.stei.ac.id/5487/
Evi Hasim. (2020). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar,” 68–74.
Farisi, A., Hamid, A., & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning TerhadapKemampuan Berpikir Kritis Dalam Meningkatkan Hasil BelajarSiswa Pada Konsep Suhu Dan Kalor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2(3), 283–287.
Jayantika, I. G. A. N. T., Parmithi, N., & Purwaningsih, D. N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kecemasan dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 276–287.
Nopriska, N. I., Sekar Putri, A., Calista, T. R., & Hikmawan, R. (2021). Apakah Model Pembelajaran Problem-Based Learning Efektif Diterapkan pada Pendidikan Kejuruan Abad 21? INTEGRATED (Information Technology and Vocational Education), 3(1), 23–31 . https://ejournal.upi.edu/index.php/integrated/article/view/32735%0Ahttps://ejournal.upi.edu/index.php/integrated/article/viewFile/32735/14941
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE
Sarumaha, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing Terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 15–37. https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.956
Sasongko, D. B., Fatirul, N., & Hartono. (2019). Pengembangan E-Learning dengan Video Conference untuk Pendukung Pembelajaran Informatika Terapan di Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo. Jurnal Education and Development, 7(2), 236–240 . http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1001/443
Serin, H. (2018). A Comparison of Teacher-Centered and Student-Centered Approaches in Educational Settings. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 5(1), 164–167 . https://doi.org/10.23918/ijsses.v5i1p164
Sholihah, H. A., Koeswardani, N. F., & Fitriana, V. K. (2016). Metode Pembelajaran Jigsaw Dalam Meningkatkan Ketrampilan Komunikasi Siswa SMP. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 160–167.
Suari, N. putu. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16138
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
Suherman, B., Latif, M., Teresia, S., Dewi, R., Studi, P., Fakultas, F., Universitas, F., Timur, I., Farmasi, J., Kemenkes, P., Teresia, S., Dewi, R., Vannemei, K. U., & Cakram, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kausalitik Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 116–127.
Syahyudin, D. (2020). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Gunahumas, 2(1), 272–282 . https://doi.org/10.17509/ghm.v2i1.23048
Ulinnuha, R., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2021). Creative Thinking Ability With Open-Ended Problems Based on Self- Efficacy in Gnomio Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(1), 20–25.
Vera, M., & Astuti, S. (2019). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Kelas Vsdn Sidorejo Lor V Salatiga. Jurnal Maju, 6(1), 11–21.
Wabula, M., Papilaya, P. M., & Rumahlatu, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan video dan problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Edubiotik : Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(01), 29–41. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i01.657
Wiyono, T. (2018). Pengaruh Motivasi Siswa Dan Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 90. https://doi.org/10.25273/citizenship.v6i2.3115