ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU TULUNGAGUNG SUDIRMAN

Reza Gusti Aqilla - [ https://orcid.org/0000-0002-6908-3161 ]
Deny Yudiantoro


DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v8i2.3836

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan pengaruh teknologi informasi, kemanfaatan, dan kepercayaan terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung Sudirman. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah nasabah pengguna mobile banking di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung Sudirman sebanyak 100 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji f, uji t, dan koefesien determinasi dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan teknologi Informasi, kemanfaatan, dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung Sudirman.

Keywords


Teknologi Informasi; Kemanfaatan; Kepercayaan; Minat Nasabah; Mobile Banking

Full Text:

PDF

Article Metrics :

References


L.A. Abdillah, dkk., Aplikasi Teknologi Informasi: Konsep dan Penerapan, 1 ed. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

W. Ode et al., “Persepsi Komunikasi Layanan Digital Bank Perception of Digital Bank Service Communication,” hal. 55–75, 2020.

D. Yudiantoro dan D. Setiawan, “Pengaruh Shariah Relationship Marketing Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Word of Mouth Nasabah Bank Jatim Syari’ah Kediri,” An-Nisbah J. Ekon. Syariah, vol. 07, no. 01, hal. 273–301, 2020.

A. F. Iriani, “Minat Nasabah dalam Penggunaan Mobile Banking Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri Kota Palopo,” Din. J. Islam. Manag. Bussines, vol. 2, no. 2, hal. 99–111, 2018.

Marsnewsletter, “Alasan Utama Nasabah Menggunakan Mobile Banking,” Mars Research Specialist, 2010. https://marsnewsletter.wordpress.com/2010/01/13/alasan-utama-nasabah-menggunakan-mobile-banking/ (diakses 19 November 2022).

F. D. Davis, “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology.,” MS Quarterly (online), 1989. https://doi.org/10.2307/249008 (diakses 20 September 2022).

S. Handayani dan M. Anitasari, “Karakteristik Pengguna Mobile Banking di Kota Bengkulu,” EKOMBIS Rev. J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 10, no. S1, hal. 353–366, 2022, doi: 10.37676/ekombis.v10is1.2002.

F. D. D. V. Venkatesh, “A Theoretical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies,” Management Science, 2000. https://www.jstor.org/stable/2634758 (diakses 21 September 2022).

A. P. Putera, “Prinsip Kepercayaan Sebagai Fondasi Utama Kegiatan Perbankan,” Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, 2020. https://core.ac.uk/download/pdf/287221099.pdf (diakses 21 September 2022).

J. H. Mustakini, Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset, 2007.

BSI (Bank Syariah Indonesia), “Semester I 2022, Laba Bersih BSI Naik 41, 31%,” 26 Agustus 2022. https://www.bankbsi.co.id/news-update/berita/semester-i-2022-laba-bersih-bsi-naik-4131#:~:text=Per Juni 2022%2C user pengguna,Mobile%2C ATM maupun Internet Banking (diakses 22 September 2022).

R. Gusti Aqilla, “Wawancara jumlah nasabah pengguna mobile banking di Bank Syariah Indonesia KCP Tulungagung Sudirman,” Tulungaung, 19 September 2022.

I. Defianti, “Social Engineering Model Baru, Kejahatan Siber Bobol Pengguna Mobile Banking,” Liputan 6, 12 Desember 2022. https://www.liputan6.com/news/read/5151097/social-engineering-model-baru-kejahatan-siber-bobol-pengguna-mobile-banking (diakses 22 September 2022).

A. Marlina dan W. A. Bimo, “Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank,” Inovator, vol. 7, no. 1, hal. 14, 2018, doi: 10.32832/inovator.v7i1.1458.

L. Schiffman, dan L.L. Kanuk, Perilaku Konsumen, 7 ed. Jakarta: Indeks, 2008.

O. Natalia, dan R. Tesniwati, “The Effect Of Perception Of Trust, Perception Of Ease Of Use, Perception Of Benefits, Perception Of Risk And Perception Of Service Quality On Interest In Using Mobile Banking Bank Independent In Bekasi City,” Int. J. Sci. Technol. Manag., vol. 2, no. 5, hal. 1722–1730, 2021, doi: 10.46729/ijstm.v2i5.344.

D. V. Venkatesh, “User acceptance of information Technology:Toward a Unified View,” MIS Quarterly, 2003. https://doi.org/10.2307/30036540 (diakses 20 September 2022).

N. Khotimah, “PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, RISIKO, DAN HANDLING COMPLAINT TERHADAP MINAT NASABAH DALAM MENGGUNAKAN MOBILE BANKING (Studi Kasus BSI KCP Ratulangi Kota Palopo),” hal. 65, 2022.

R. Putra, “Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Resiko, dan Handling Complaint Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus di PT. Bank SUMUT KCSy H.M. Yamin),” Univeristas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2021.

C. Vitaloka, “PENGARUH PERSEPSI TEKNOLOGI INFORMASI, FITUR LAYANAN DAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN LAYANAN TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN MUAMALAT DIGITAL ISLAMIC NETWORK PADA BANK MUAMALAT KCU PALEMBANG,” Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2022.

dan M. Z. F. Rozi, “Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Layanan Mobile Banking Bank BTN,” Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan, 2019. http://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jsmk (diakses 21 September 2022).

M. Ledesman, “Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking,” UIN Raden Intan Lampung, 2018.