Prediksi Kualitas Udara Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor

Adinda Amalia, Ati Zaidiah, Ika Nurlaili Isnainiyah

Abstract


Dalam kehidupan sehari-hari, udara digunakan untuk bernafas oleh makhluk hidup. Udara yang bersih mengandung banyak manfaat bagi kehidupan. Namun, pada kenyataannya udara yang ada di alam tidak selalu dalam keadaan bersih, sehingga dapat menyebabkan penurunan kualitas udara. Kualitas udara seperti ini dapat memberikan dampak terhadap kesehatan manusia serta lingkungan sekitarnya. Kualitas udara di DKI Jakarta dapat diketahui melalui Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU). Pemelitian ini mempunyai tujuan memprediksi kualitas udara yang ada di DKI Jakarta berdasarkan data ISPU. Prediksi dilakukan dengan menggunakan teknik data mining dengan metode klasifikasi. Algoritma yang berfungsi dalam melakukan prediksi yaitu K-Nearest Neighbor (KNN), dimana algoritma ini adalah algoritma yang mengklasifikasikan kelas objek baru dengan didasarkan pada tetangga terdekatnya. Data yang digunakan pada penelitian berjumlah  450 data, kemudian data tersebut dibagi 2 yakni data uji dan data latih. Penelitian ini juga melakukan evaluasi model algoritma yang meliputi nilai akurasi, presisi, recall, dan f-measure untuk setiap nilai K yang diujikan. Pengukuran ini bertujuan untuk mengetahui parameter yang optimal pada dataset yang digunakan. Adapun hasil yang diperoleh dari pengujian nilai K = 3 sampai K = 9, didapatkan bahwa nilai K = 7 mempunyai performa terbaik dengan akurasi tertinggi sebanyak 96%, presisi 92%, recall 95%, dan f-measure 93%.

Keywords


data mining, knn, kualitas udara, prediksi

Full Text:

PDF

References


S. Nurjanah, A. M. Siregar, dan D. S. Kusumaningrum, “Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor (KNN) Untuk Klasifikasi Pencemaran Udara di Kota Jakarta”, Scientific Student Journal for Information, Technology and Science, vol. 1, no. 2, pp. 71-76, 2020.

CNN Indonesia, 2021, Kualitas Udara Jakarta Kembali Memburuk, Peringkat 6 di Dunia [Online]. Tersedia: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210421131002-20-632776/kualitas-udara-jakarta-kembali-memburuk-peringkat-6-di-dunia.

Dinas Lingkungan Hidup, 2020, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Selama Masa PSBB Di DKI Jakarta [Online]. Tersedia: https://statistik.jakarta.go.id/indeks-standar-pencemaran-udara-ispu-selama-masa-psbb-di-dki-jakarta/.

N. Aini, dkk, “Sistem Prediksi Tingkat Pencemaran Polusi Udara dengan Algoritma Naïve Bayes di Kota Makassar”, dalam Prosiding Seminar Nasional Komunikasi dan Informatika #3, 2019, pp. 83-90.

Suyanto, 2017, Data Mining Untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data, Informatika Bandung.

E. Etriyanti, D. Syamsuar, dan Y. N. Kunang, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritme Naïve Bayes Classifier dan C4.5 untuk Memprediksi Kelulusan Mahasiswa”, Telematika, vol. 13, no. 1, pp. 56-67, 2020.

E. B. Susanto, T. A. Cahyanto, dan R. Umilasari, “Analisis Perbandingan Algoritma Naïve Bayes dan KNN Untuk Klasifikasi Multi Dataset”, Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jember, 2019.

M. R. Noviansyah, T. Rismawan, dan D. M. Midyanti, “Penerapan Data Mining Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor Untuk Klasifikasi Indeks Cuaca Kebakaran Berdasarkan Data AWS (Automatic Weather Station) (Studi Kasus: Kabupaten Kubu Raya)”, Jurnal Coding Sistem Komputer Untan. 6 (2). pp 48-56, 2018.

D. S. Wisdayani, I. M. Nur, dan R. Wasono, “Perbandingan Algoritma K-Nearest Neighbor dan Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Tingkat Keparahan Korban Kecelakaan Lalu Lintas Kabupaten Pati Jawa Tengah”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Semarang, 2019.

Hasran, “Klasifikasi Penyakit Jantung Menggunakan Metode K-Nearest Neighbor”, Indonesian Journal of Data and Science, vol. 1, no. 1, pp. 6-10, 2020.

R. A. Arnomo, W. L. Y. Saptomo, dan P. Harsadi, “Implementasi Algoritma K-Nearest Neighbor Untuk Identifikasi Kualitas Air (Studi Kasus: PDAM Kota Surakarta)”, Jurnal TIKomSiN, vol. 6, no. 1, pp. 1-5, 2018.

M. M. Baharuddin, T. Hasanuddin, dan H. Azis, “Analisis Performa Metode K-Nearest Neighbor Untuk Identifikasi Jenis Kaca”, ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 11 no. 3, pp. 269-274, 2019.

K. Prabowo, dan B. Muslim, 2018, Bahan Ajar Kesehatan Lingkungan Penyehatan Udara, Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan.

R. U. Wahyudi, “Sistem Pakar E-Tourism Pada Dinas Pariwisata D.I.Y Menggunakan Metode Forward Chaining”, Jurnal Ilmiah DASI, pp. 67-75. 2016.

Republik Indonesia. Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.14/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2020 tentang Indeks Standar Pencemar Udara.




DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2843

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2843.g1185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
ISSN 2540-8984
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/index
Email : jipi@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.