PEMANFAATAN MEDIA PENDIDIKAN BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM BELAJAR MEMBACA

Sri Nurani

Abstract


Pandemi Covid-19 mengharuskan sekolah menerapkan pembelajaran daring dari rumah, tidak terkecuali TK Negeri Pembina Kepanjen. Sehingga proses belajar mengajar tidak lagi dilakukan di kelas, namun dilakukan secara daring menggunakan aplikasi-aplikasi pembelajaran online. Dengan kondisi tersebut, maka guru harus dapat beradaptasi serta lebih kreatif dalam mengajar. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kartun sebagai media pembelajaran dalam mengajar. Namun sayangnya, tidak banyak guru menangkap adanya potensi besar dari penggunaan penggunaan kartun sebagai media pendukung dalam proses pembelajaran terlebih lagi dari adanya kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pemanfaatan media pendidikan berbasis android untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar membaca. Penelitian berjenis tindakan kelas ini mengacu pada model Kemmis dan McTaggart, pada model ini terdapat empat langkah pembelajaran terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama tiga siklus, yakni sebanyak 18 siswa menjadi subjek penelitian. Pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa. Kemudian data hasil tes dianalisis secara deskriptif berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa TK Negeri Pembina Kepanjen meningkat pada setiap siklusnya. Persentase ketuntasan belajar pada siklus pertama sebesar 39%, pada siklus kedua 61%, dan siklus ketiga sebesar 72%.


Keywords


Pandemi Covid-19, Media pendidikan berbasis android, model Kemmis dan McTaggart, Ketuntasan Belajar

Full Text:

PDF

References


K. Dalacosta, M. Kamariotaki-paparrigopoulou, J. A. Palyvos, and N. Spyrellis, “Computers & Education Multimedia application with animated cartoons for teaching science in elementary education,” Comput. Educ., vol. 52, no. 4, pp. 741–748, 2009, doi: 10.1016/j.compedu.2008.11.018.

V. Tsakona, “Language and image interaction in cartoons: Towards a multimodal theory of humor,” J. Pragmat., vol. 41, no. 6, pp. 1171–1188, Jun. 2009, doi: 10.1016/j.pragma.2008.12.003.

L. Abraham, “Effectiveness of Cartoons as a Uniquely Visual Medium for Orienting Social Issues,” Journal. Commun. Monogr., vol. 11, no. 2, pp. 117–165, Jun. 2009, doi: 10.1177/152263790901100202.

G. Wright, “The Comic Book: A Forgotten Medium in the Classroom,” Source Read. Teach., vol. 33, no. 2, pp. 158–161, 1979.

Kemmis and McTaggart, The action research planner. Victoria: Deakin University Press, 1988.

I. M. Arsana, S. R. Ariyanto, and H. G. Wibisono, “Implementation of Problem-Based Learning Models Supported by Trainer Radiator Module for Heat Transfer Learning,” J. Taman Vokasi, vol. 7, no. 2, pp. 226–231, 2019.

Soeryanto, I. M. Arsana, Warju, and S. R. Ariyanto, “Implementation of Online Learning During the Covid-19 Pandemic in Higher Education,” in The 3rd International Conference on Social Sciences (ICSS 2020) Implementation, 2020, vol. 473, no. Icss, pp. 632–636, doi: 10.2991/assehr.k.201014.139.

Warju, S. R. Ariyanto, Soeryanto, R. S. Hidayatullah, and M. Nurtanto, “Practical Learning Innovation : Real Condition Video-Based Direct Instruction Model in Vocational Education,” J. Educ. Sci. Technol., vol. 6, no. 1, pp. 79–91, 2020.

S. Kijkuakul, “Professional changes of primary science teachers: experience on collaborative action research in Thailand,” Asia-Pacific Sci. Educ., vol. 5, no. 1, p. 1, Dec. 2019, doi: 10.1186/s41029-019-0030-2.

M. Marfuah, “Improving Students’ Communications Skills Through Cooperative Learning Models Type Jigsaw,” J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 26, no. 2, p. 148, Dec. 2017, doi: 10.17509/jpis.v26i2.8313.

G. S. C. Hine, “The importance of action research in teacher education programs,” Issues Educ. Res., vol. 23, no. 2, 2013.

S. R. Ariyanto, I. M. Arsana, and R. Ulum, “Pengembangan Modul Radiator Trainer untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin UNESA,” J. Din. Vokasional Tek. Mesin, vol. 4, no. 2, pp. 83–92, Sep. 2019, doi: 10.21831/dinamika.v4i2.27387.

G. A. D. Sugiharni, “PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DISKRIT BERBENTUK DIGITAL DENGAN POLA PENDISTRIBUSIAN ASYNCHRONOUS MENGGUNAKAN TEKNOLOGI OPEN SOURCE,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform. JANAPATI, vol. 7, no. 1, pp. 58–72, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/janapati/article/view/12667.

M. Y. Pratama and W. Warju, “Pengaruh Penggunaan Modul Chassis Dynamometer Terhadap Respon Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Performanisi Mesin Di Jurusan Teknik Mesin FT Unesa,” J. Pendidik. Tek. Mesin, vol. 10, no. 03, pp. 61–66, 2021.

A. A. N. Pratama and I. M. Arsana, “Pengembangan Modul Shell and Tube Heat Exchanger Trainer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Perpindahan Panas Pada Mahasiswa S1 Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya,” J. Pendidik. Tek. Mesin UNESA, vol. 07, no. 03, pp. 59–64, 2019.

Y. Yuniastuti, M. Miftakhuddin, and M. Khoiron, Media Pembelajaran Untuk Generasi Milineal: Tinjauan Teoritis dan pedoman praktis, 1st ed. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2021.




DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2773

DOI (PDF): https://doi.org/10.29100/jipi.v7i2.2773.g1180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika)
ISSN 2540-8984
Published by
Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
STKIP PGRI Tulungagung

Website : https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jipi/index
Email : jipi@stkippgritulungagung.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.