Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AI Bagi Komunitas Belajar Guru Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah

Ricky Eka Sanjaya
Andi Santoso


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v13i1.7809

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru Sekolah Dasar di wilayah Majenang, Cilacap, dalam menciptakan media pembelajaran berbasis Artificial Intelligence (AI). Rendahnya literasi teknologi serta kurangnya pelatihan dalam pengembangan media ajar mendorong tim pengabdi untuk menyelenggarakan pelatihan praktis dan aplikatif. Kegiatan pelatihan yang berlangsung di SDN 01 Palugon ini melibatkan 24 peserta dari berbagai sekolah, dan mencakup pengenalan serta praktik penggunaan aplikasi AI seperti ChatGPT, Copilot, VoiceOver, LeiaPix, dan Capcut. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan antusiasme dan kemampuan peserta dalam membuat media ajar berbentuk video animasi. Selain itu, umpan balik melalui kuesioner menunjukkan efektivitas metode dan materi pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan serta keterampilan peserta. Dengan metode praktik langsung, pendampingan melalui grup WhatsApp, serta evaluasi pasca kegiatan, pelatihan ini memberikan kontribusi nyata dalam mendorong inovasi pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar.
Kata kunci: Pengabdian Masyarakat, Media Pembelajaran, Artificial Intelligence, Pelatihan Guru, Teknologi Pendidikan

Article Metrics :

References


Atmaja, H. T. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan dan Pemanfaatan Media Audio-Visual Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah yang Berbasis pada Konservasi Kearifan Lokal. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 131–140.

Kaplan, A., & Haenlein, M. (2019). Siri, Siri, in my hand: Who’s the fairest in the land? On the interpretations, illustrations, and implications of artificial intelligence. Business Horizons, 62(1), 15-25.

Maulid, T. A., Maulana, & Isrok’atun. (2024). Keterampilan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Digital dengan Menggunakan Artificial Intelligence Aplikasi Canva. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 281-294. https://doi.org/10.58230/27454312.485

Muliandhi, P., & Cahyono, T. D. (2021). Peningkatan Keterampilan AI (Artificial Intelligence) dalam Dunia Telekomunikasi Digital pada Tenaga Pengajar Sekolah Kejuruan Tjendekia Puruhita Semarang. Tematik, 3(2).

Mutaqin, Fauzy Maarij, Idah Jubaedah, Herry Koestianto, and Dede Indra Setiabudi. 2023. “Efektif Artificial Intelligence (AI) Dalam Belajar Dan Mengajar.” Jurnal Pendidikan : Seroja 2(1):53–60

Nur Aziza Ismawati, and Syahri Ramadhanti. 2022. “Penerapan Artifical Intelligence Dalam Mendukug Pembelajaran Di Era Digital.” PROSIDING SEMINAR NASIONAL BATCH 1 Nasib Pendidikan Karakter Di Masa Pembelajaran Daring Dalam Bingkai Merdeka Belajar 158–66

Nurahman, Arip, Pandu Pribadi. (2022). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan pada Media Pembelajaran Berbantuan Google Assistant: Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Hukum Newton. Jurnal Genesis Indonesia, 1(01), 24–32. https://doi.org/10.56741/jgi.v1i01.17

Ortega, C. R. (2023). Education in the age of artificial intelligence. https://courier.unesco.org/en/subscribe

Rahadiantino, L., dkk. (2022). Implementasi Pembelajaran Artificial Intelligence bagi Siswa Sekolah Dasar di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.

Ratnaningrum, I., Jazuli, M., Raharjo, T. J., & Widodo, W. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Seni Berbasis Artificial Intelligency Di Era Globalisasi. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2023, 1204-1209.

Subowo, Edy, Naufal Dhiyaulhaq, and Ika Wahyu Khasanah. 2022. “Pelatihan Artificial Intelligence Untuk Tenaga Pendidik Dan Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah (Online Thematic Academy Kominfo RI).” Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(2):83–90. doi: 10.31294/abditeknika.v2i2.1372.

Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat

Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43- 48.