Pemberdayaan Pendidikan Dasar Melalui Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di Desa Bedrug, Ponorogo

Siti Zazak Soraya - [ http://orcid.org/0000-0002-8631-0258 ]
Dwi Kurniawati
Nicko Aditya
Richy Ari Susanto


DOI: https://doi.org/10.29100/j-adimas.v13i1.7533

Abstract


Bimbingan belajar merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas belajar anak yang perlu didukung dengan metode dan media yang menarik. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar anak di Desa Bedrug, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Asset-Based Community-driven Development (ABCD). Kegiatan ini melibatkan dua puluh anak dari bulan Juli hingga Agustus 2024 selama 15 kali pertemuan. Anak-anak sangat antusias dan semangat mengikuti bimbingan belajar dari awal hingga akhir. Selain itu, kegiatan bimbingan belajar ini juga mendapat respon yang sangat baik dari orang tua, masyarakat  dan pemerintah setempat. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan kualitas belajar anak, terlihat dari pemahaman materi dan hasil belajar yang lebih baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini berdampak positif terhadap kualitas belajar anak-anak.

Article Metrics :

References


Amral, & Asmar. (2020). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Guepedia.

Ilma, M., & Nurhidayati, R. A. (2022). Program Belajar Sambil Bermain dalam Upaya Peningkatan Minat dan Semangat Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sipissangngi, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i1.2512

Kusuma, Y. B., & Soraya, S. Z. (2023). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Pusat Pendidikan Karakter Religius. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 297–305. https://doi.org/10.53515/aijpkm.v3i2.62

LPPM, T. P. (2023). Pedoman KPM Tahun 2023 Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Ponorogo: LPPM IAIN Ponorogo.

Maftukha, S., & Wathon, A. (2023). Bimbingan Belajar Dalam Upaya Meningkatkan Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19 Di Desa Kemlokolegi Pandanarum Baron. Edukasi Masyarakat, 1(1), 17–26.

Pratama, B. I., Rukoyah, S., Dewi, I. N. J., & Mulyaningtyas, I. (2023). Belajar Anti Boring Inovasi Pembelajaran Efektif. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Rinawati, A., Arifah, U., & H, A. F. (2022). Implementasi Model Asset Based Community Development (ABCD) dalam Pendampingan Pemenuhan Kompetensi Leadership Pengurus MWC NU Adimulyo. Ar-Rihlah: Jurnal Inovasi Pengembangan Pendidikan Islam, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.33507/ar-rihlah.v7i1.376

Samsuri, A., U, N. L., Z, N. F., H, F. E. P., & Vadhila, U. (2021). Pendekatan ABCD Untuk Meningkatkan Literasi Di Madrasah. Buletin Abdi Masyarakat, 1(2), 16–30. https://doi.org/10.47686/bam.v1i2.344

Sugiarto, S. (2021). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. JURNAL MUBTADIIN, 7(01), 185–201.

Wahyuningtyas, N., & Soraya, S. Z. (2022). Pemberdayaan Agama Bagi Anak-Anak Melalui Gerakan “Maghrib Mengaji” di Desa Semanding Jenangan Ponorogo. Jurnal Pengabdian Masyarakat : BAKTI KITA, 3(1), 7–16. https://doi.org/10.52166/baktikita.v3i1.2828