Upaya Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Dengan Metode Project Base Learning Untuk Mengaktifkan Kemampuan Higher Order Thinking Skill Melalui Bahan Ajar Mata Kuliah Kewirausahaan
Abstract
Keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah yang dikenal dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi (.Higher Order Thingking Skill atau HOTS) sebagai salah satu upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa. Komponen HOTS adalah: reasoning skills, argumentation skills, problem solving & critical thingking, dan metacognition. Berdasar hasil analisis define yang terdiri dari analisis permasalahan umum di kelas ditemukan (a) kurangnya motivasi mahasiswa yang terindikasi dari mayoritas mahasiswa tidak menyalakan vidio selama pembelajaran; (b) internet tidak stabil, (c) Bila diberi pertanyaan atau diminta untuk mengajukan pertanyaan mayoritas mahasiswa diam dan (d) terlambatnya pengumpulan tugas. Hasil analisis kebutuhan dengan identifikasi perangkat pembelajaran ditemukan RPS yang sudah direvisi, ada soal UTS dan UAS. Hasil identifikasi kebutuhan mahasiswa menunjukkan: (a) kompetensi mahasiswa berdasar hasil penilaian business plan masih kurang; (b) sebelum menempuh mata kuliah kewirausahaan rata-rata mahasiswa sudah punya pengalaman bisnis meski dalam skala kecil; (c) Respon terhadap materi yang sedang diajarkan dan tugas yang diberikan masih sangat kurang (d) Bahasa dan metode pengetikan yang digunakan dalam proposal belum sesuai dengan ejaan yang baik dan benar serta kurang merujuk pada daftar Pustaka yang update (e) Tingkat kemampuan dan karakteristik mahasiswa berbeda beda , sementara keterbatasan ketrampilan mahasiswa mengakses bahan ajar di dunia online merupakan satu persoalan tersendiri sehingga perlu modifikasi/pengembangan bahan ajar; (f) Analisis Bahan Ajar yang digunakan adalah kurangnya buku ajar yang secara detail mengaktifkan ketrampilan HOTS. Fokus Penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa dengan metode proyek base learning untuk mengaktifkan ketrampilan penalaran, ketrampilan argumentasi, pemecahan masalah & berfikir kritis dan metakognisi mahasiswa melalui bahan ajar pada mata kuliah kewirausahaan. Manfaat penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui bahan ajar untuk mahasiswa dan dosen yang mengampu mata kuliah kewirausahaan dengan menggunakan project base learning pada penugasan untuk meningkatkan HOTS. Metode penelitian yang digunakan action research menggunakan Prosedur Pengembangan Thiagarajan , model 4D. Sampel penelitian mahasiswa S1 pendidikan ekonomi. Metode analisis menggunakan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui pembuatan bahan ajar dengan metode project untuk meningkatkan ketrampilan berfikir tingkat tinggi mahaiswa menunjukkan hasil yang signifikan, artinya ada beda hasil sebelum menggunakan bahan ajar dan setelah mebggunakan bahan ajar