Strategi Guru PAI dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Kelas VIII dalam Lingkup Kurikulum Merdeka di SMPN 7 Tanjung Palas Timur.

Guntur Guswantoro
Artiza Artiza


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v21i1.5645

Abstract


Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Strategi Guru PAI

Kecerdasan Spiritual adalah kecerdasan yang bertumpu pada qalb. Qalb inilah yang sebenarnya merupakan pusat kendali semua gerak anggota tubuh manusia. Ia adalah raja bagi semua anggota tubuh yang lain. Semua aktivitas manusia berada di bawah kendalinya. Kecerdasan spiritual mampu membuat orang mengaktualisasikan nila-nilai Ilahiah sebagai manifestasi dari aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari dan berupaya mempertahankan keharmonisan dan keselarasan dalam kehidupannya sebagai wujud dari pengalamannya terhadap tuntutan fitrahnya sebagai makhluk yang memiliki ketergantungan terhadap kekuatan yang berada diluar jangkauan dirinya, yaitu Sang Maha Pencipta.


Article Metrics :

References


Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Prenada Media. 2004

Djamal. Paradigma Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2015.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep umum dan Konsep Islam. Bandung: Refika Aditama, 2007.

Hamdani. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. 2011.

Hasan, Abdul Wahid. SQ Nabi, Aplikasi Strategi dan Model Kecerdasan Spiritual Rasulullah di Masa Kini. Yogyakarta: IRCiSoD. 2006.

HR. Bukhari.

Ibrahim. Metodologi Penelitian Kualitatif. Pontianak: Alfabeta. 2015.

Ihsani, Nurul.2018 . Hubungan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia. 3(1). 50-55

Kurniawati, E. dan Abrory L. Korelasi SQ dengan Kinerja Pada Karyawan UIN Malang. Jurnal Psikoislamika. Fakultas Psikologi Universitas Malang. 2005.

Majid, Abdul. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Marshall, dan Zohar. Kecerdasan Spiritual. Bandung: PT Mizan Pustaka. 2007.

Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah, Madratsah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Saefullah. Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2012.