PENANAMAN SIKAP SOSIAL PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) PADA SDN 1 PULEREJO TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

dika ayu ratnasari


DOI: https://doi.org/10.29100/insp.v14i2.455

Abstract


Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana persiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran, pelaksanaan guru dalam pembelajaran, evaluasi pembelajaran, sikap sosial anak berkaitan dengan proses penanaman sikap sosial pada mata pelajaran IPS di SDN 1 Pulerejo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian yang berlandaskan pada pendekatan Post-Positivisme, sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal, teknik pengumpulan dengan trianggulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif atau kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi.Hasil dari penelitian ini dimulai dari Persiapan pembelajaran dilakukan dengan mengacu pada RPPM yang dibuat oleh guru serta menggunakan metode penelitian yang sesuai untuk memberikan materi pembelajaran IPS kepada siswa. Pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode yang berbeda pada setiap kelasnya dengan media yang disesuaikan. Evaluasi dilakukan oleh guru dengan beracuan pada RPP yang sudah dibuat dan metode yang digunakan sudah disesuaikan dengan kelas yang diajar. Hasil dari penanaman sikap sosial berupa disiplin, tanggung jawab, kerja sama, kesopanan dan keaktifan siswa menjadi meningkat pada akhir pembelajaran, diketahui dengan adanya ketuntasan pembelajaran.


Article Metrics :

References


Abudin, Nata. 1997. Filsafat Pendidikan Isalam I. Jakarta : Logis

Ahmadi, Abu. 2007. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineke Cipata

Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineke Cipta

Arief, Armani. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: PT Intermasa

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arma’arif, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam,Jakarta : Ciputatpres, 2002

Azis W. Abdul. 2007. Metode dan Model-Model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : Alfabeta

Gunawan, Ary H. 2010. Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis tentang Berbagai Problem Pendidikan. Jakarta: PT. Rineke Cipta

Gunawan, Ary H. 2010. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineke Cipta

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hanurawan, Fattah. 2010. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Irwan, Prasetya, dkk., 2000. Teori Belajar, Motivasi, dan Keterampilan Mengajar, Jakarta : Universitas Terbuka

Ischak, dkk. 2007. Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Kuntjojo.2009.MetodologiPenelitian. Kediri

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Prof.Dr.H.Faried Ali SH.,MS, dll, Manajemen RisetBerbasis Hasil, Makassar: YPIT Bifad Press.

Roestiyah, NK., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Said, Budimanjaya. 2015. Strategi Mengajar Multiple Intelligences.Jakarta: Kencana

Sapriya, 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sarwono,Jonathan.2006.Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta:PenerbitGrahaIlmu.

Subroto, Surya. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipto Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta

Sujiono 2005. Mencerdaskan Perilaku Anak Usia dini. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sukmadinata, N.S. 2007. Bimbingan dan konseling dalam Praktik mengembangkan Potensi dan kepribadian Siswa. Bandung: Maestro

Udin S, Winataputra, dkk. 2009. Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Usman, Basyiruddin M., 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta ; Ciputat Pres

Yunus, Mahmud. 1989. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: PT. Hidakarya Agung,

WesleyEdgar, 2009Designing Groupwork. 2d ed. New York: Teachers College Press